Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Depok Manfaatkan Konsep Smart City Tangani Pandemi Covid-19

Aplikasi DSW yang menjadi implementasi smart city memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan Pemerintah Kota Depok.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 23 September 2020  |  20:33 WIB
Gedung Wali Kota Depok - wikipamia.org
Gedung Wali Kota Depok - wikipamia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Konsep smart city yang dikembangkan beberapa kota/kabupaten dimanfaatkan untuk penanganan pandemi virus Corona penyebab Covid-19. Salah satunya diterapkan di Kota Depok.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono mengatakan salah satu upaya penanganan Covid-19 di Kota Depok dengan mengambangkan aplikasi Kampung Siaga Covid-19 yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Depok Single Window (DSW).

Aplikasi DSW yang menjadi implementasi smart city memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan Pemerintah Kota Depok.

Ada sejumlah fitur dalam DSW, antara lain, Kampung Siaga, Peta, Kontak, Ekonomi, Kependudukan, Pajak, Lowongan Kerja, Pendidikan, Perpustakaan, Perizinan, PDAM&PLN, Baznas. Kemudian Wifi, Kesehatanm Pengaduan, Data ASN, dan BNN.

Sementara fitur Kampung Siaga memiliki menu utama seperti Forum Diskusi, Imbauan Wali Kota, Data Covid Depok, Form PE Covid-19, Pencegahan Covid-19, Penanganan Covid-19, Logistik dan Bansos, Kontak Penting, dan Pasar Online.

"Aplikasi Kampung Siaga adalah aplikasi yang berfungsi sebagai wadah komunikasi, koordinator komunitas Kampung Siaga dengan Gugus Tugas Covid-19," jelas Sidik kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Dengan aplikasi ini, ujar Sidik, masyarakat bisa terus ter-up date mengenai informasi seputar Covid-19 dan bisa ditangani segera apabila terinfeksi.

Hingga Jumat (18/9/2020) terdapat 3.198 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Depok, 2.187 orang dinyatakan sembuh, dan 112 orang meninggal dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

depok Virus Corona smart city covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top