Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuaca Ekstrem Berlanjut, Wagub DKI: 35 RT dan 8 RW Terendam Banjir

Wagub DKI Ahmad Riza Patria meminta masyarakat untuk tetap bersiaga terkait dengan potensi banjir atau genangan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  13:31 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi
Wagub DKI Ahmad Riza Patria - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membeberkan sekitar 35 Rukun Tetangga (RT) dan delapan Rukun Warga (RW) di wilayah DKI Jakarta terendam banjir dengan ketinggian muka air sekitar 40 centimeter akibat curah hujan tinggi pada Kamis (18/2/2021).

Data itu diungkapkan Ariza ketika berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada hari ini.

“Tadi menurut laporan di 35 RT delapan RW yang terendam banjir ketinggian kurang lebih 40 sentimeter tapi sudah turun dalam waktu yang cepat, singkat,” kata Ariza.

Hanya saja, Ariza membeberkan, potensi cuaca ekstrem bakal berlangsung selama tiga hari ke depan di wilayah Ibu Kota. Dengan demikian, dia meminta, masyarakat untuk tetap bersiaga terkait dengan potensi banjir atau genangan.

“Sesuai dengan hasil BMKG, memang hasilnya kita bisa ketahui menggunakan teknologi, prediksi memang ke depan sampai hari Minggu, cukup ekstrem ya, kita lihat beberapa hari ini cukup tinggi curah hujan,” tuturnya.

Ihwal potensi banjir DKI, dia menerangkan, masyarakat mesti memahami bawah wilayah Ibu Kota memiliki karakteristik berbeda jika dibandingkan dengan daerah lain. Menurutnya, daratan DKI Jakarta relatif rendah jika dibandingkan dengan daerah penyangga.

Konsekuensinya, penyebab banjir DKI Jakarta dapat berasal dari beberapa faktor di antaranya hujan lokal, rob laut atau daerah hulu.

“Itulah tugas kita melakukan pencegahan, kita tidak tahu datangnya hujan dari Katulampa dan Bogor sebagainya kita harus siap,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta dki jakarta wagub dki
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top