Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INFO BANJIR JAKARTA: Ini Titik-Titik Lokasi Genangan Air 19 Februari

Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengerahkan enam pompa untuk membuang air di kawasan langganan banjir tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  08:33 WIB
Petugas Satpol PP memantau genangan air yang terjadi di Jalan H Sulaiman, Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, Selasa (16/2/2021). Genangan air terjadi akibat luapan saluran penghubung Sulaiman yang meluap. - Antara
Petugas Satpol PP memantau genangan air yang terjadi di Jalan H Sulaiman, Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, Selasa (16/2/2021). Genangan air terjadi akibat luapan saluran penghubung Sulaiman yang meluap. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Jumat (19/2/2021) dini hari membuat sejumlah wilayah kebanjiran. Sebanyak 11 RW di Jakarta Barat mengalami banjir dengan ketinggian muka air bervariasi berkisar 31 hingga 70 sentimeter.

Dilansir dari layanan informasi banjir aplikasi Jakarta Terkini (Jaki) banjir sejak pukul 01.42 WIB di sebagian wilayah Kecamatan Kalideres dan Kecamatan Cengkareng.

Wilayah yang dilaporkan banjir di antaranya adalah RW02, RW03, dan RW15 Kelurahan Tegal Alur serta RW03 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres.

Kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Cengkareng di antaranya RW06 Kelurahan Cengkareng Barat, RW15 Kelurahan Kapuk, RW03 Cengkareng Timur, RW02 dan RW03 Rawabuaya, serta RW04 dan RW05 Kembangan Utara.

Banjir juga terjadi di kawasan Cipinang Melayu Jakarta Timur. Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengerahkan enam pompa untuk membuang air di kawasan langganan banjir tersebut.

"Kami kerahkan tiga unit QR dan satu pompa portable, serta ada dua unit portable pump dari Sumber Daya Air," ujar Kasie Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman, Jumat (19/2/2021).

Gatot menerangkan, proses memompa air banjir dibantu oleh 11 personel Sudin Damkar Jakarta Timur. Sekitar pukul 00.20 WIB, air berhasil dibuang seluruhnya ke Kali Ciliwung.

Namun, sekitar pukul 03.00 dini hari, hujan deras kembali mengguyur Jakarta dan membuat lokasi tersebut kebanjiran lagi. Tapi, pagi ini kondisi di sekitar lokasi sudah kembali kering berkat mesin pompa yang terus beroperasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI meminta masyarakat untuk mewaspadai banjir karena ketinggian air di beberapa pintu air mulai masuk ke status Siaga 3. Lewat akun media sosialnya BPBD DKI Jakarta memberitahukan ketinggian di Pintu Air Karet kini memasuki status Siaga 3.

"Pukul 04.00 TMA 460 cm/hujan (Waspada/Siaga 3)," tulis akun @BPBDJakarta pada Jumat, 19 Februari 2021.

Pintu air Pulogadung kini juga berstatus Siaga 3 dengan ketinggian 610 cm. Masyarakat diminta waspada banjir.

"Antisipasi wilayah: Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading Barat, Koja, Pulo Gadung, Sungai Bambu, Sunter Jaya, Sumur Batu, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, Kebon Bawang," tulis BPBD.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta bpbd

Sumber : Tempo.co, Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top