Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Mohon Pinjaman PEN 2021 Senilai Rp4,6 Triliun

Pinjaman PEN tahun 2021 bakal dikenakan tingkat bunga dengan rentang 5,3 hingga 6,19 persen tergantung dari pada masa tenor pinjaman.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mengajukan permohonan pinjaman PEN daerah sebesar RP4,6 untuk tahun 2021 kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ihwal usulan permohonan Anies itu, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Astera Primanto Bhakti mengatakan, ruang anggaran alokasi PEN daerah tahun 2021 relatif kecil disbanding tahun sebelumnya.

“Usulan untuk tahun 2021 ini ada sektiar RP4,6 triliun, namun kita sedang menghitung Pak Gubernur karena space anggarannya terus terang tidak sebesar dari tahun sebelumnya,” kata Astera dalam Musrenbang DKI secara daring, Rabu (14/4/2021).

Astera menerangkan, pinjaman PEN tahun 2021 bakal dikenakan tingkat bunga dengan rentang 5,3 hingga 6,19 persen tergantung dari pada masa tenor pinjaman.

“Karena kita sharingnya dengan Bank Indonesia hanya untuk tahun 2020, jadi untuk tahun 2021 ini akan ada tingkat bunga sekitar 5,3 hingga 6,19 persen tergantung dari pada tenornya, sehingga ini juga kita sampaikan kepada seluruh daerah lain,” kata dia.

Berdasarkan data Kemenkeu, total pinjaman PEN yang sudah disalurkan kepada Pemerintah DKI Jakarta sebesar Rp5,7 triliun pada tahun 2020. Rinciannya, pinjaman tahap pertama disalurkan sebesar Rp2,6 triliun dan sisanya Rp3,1 triliun pada tahap kedua.

Adapun tenor dari pinjam PEN DKI Jakarta selama 8 tahun dengan masa tenggang 24 bulan.

Dari laporan Kemenkeu, pinjman PEN DKI tahun 2021 bakal digunakan untuk membiayai kegiatan peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah, pariwisata, kebudayaan dan olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper