Anies Tegaskan Hanya Sedikit Warga yang Sudah Divaksin Terinfeksi Covid-19

Sekitar 2,3 persen atau 96.600 orang warga Ibu Kota yang terpapar Covid-19 dari sekitar 4,2 juta warga DKI Jakarta yang sudah divaksin dosis pertama.
Warga mendapatkan suntikan vaksin yang dilayani menggunakan armada Mobil Vaksin Keliling di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2021)./Antara
Warga mendapatkan suntikan vaksin yang dilayani menggunakan armada Mobil Vaksin Keliling di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 2,3 persen dari 4,2 juta warga pemilik kartu tanda penduduk (KTP) Jakarta yang sudah divaksin dosis pertama, terinfeksi Covid-19.

Data itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan"Angkanya kecil sekali," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Apabila dikalkulasi, lanjut Anies, maka 2,3 persen tersebut sekitar 96.600 orang warga Ibu Kota yang terpapar Covid-19 dari sekitar 4,2 juta warga DKI Jakarta yang sudah divaksin dosis pertama.

Menurut dia, sebagian besar dari 2,3 persen warga DKI itu tidak bergejala atau bergejala ringan. 

Sementara itu, lanjut dia, dari 4,2 juta warga ber-KTP DKI Jakarta yang sudah divaksin dosis pertama itu, sekitar 0,013 persen di antaranya meninggal dunia karena terpapar Covid-19. "Atau kira-kira 13 per 100.000 penduduk itu yang meninggal," ucap Anies.

Dengan data riset medis tersebut, Anies meyakini orang yang sudah divaksin memiliki risiko terpapar dan kematian dari penyakit akibat virus SARS CoV-2 itu, jauh lebih kecil. "Kenyataannya vaksin amat mengurangi risiko keparahan dan risiko kematian," imbuh Anies.

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kembali mengajak warga DKI Jakarta untuk menjalani vaksinasi. Warga, lanjut dia, tinggal mendaftar melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) atau langsung mendatangi sentra vaksinasi.

Tak hanya melalui sentra vaksinasi, di Jakarta juga ada layanan vaksinasi melalui mobil keliling yang menyasar sejumlah lokasi padat penduduk. Adapun sasaran vaksinasi di DKI Jakarta mencapai 8,81 juta orang.

Berdasarkan data corona.jakarta.go.id pada Sabtu (31/7/2021) tercatat vaksinasi untuk dosis pertama diberikan kepada 7.507.340 orang atau 85,2 persen dari target 8,81 juta orang.

Untuk vaksinasi dosis kedua mencapai 2.667.299 orang dan dosis ketiga khusus untuk tenaga kesehatan sebanyak 3.547 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper