Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JPO Terbaik di Jakarta Segera Dibuka untuk Umum, Ini Kecanggihannya

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet Sudirman, Jakarta tahap dua dilaporkan telah mencapai 98 persen.
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet Sudirman - Dok. PPID Jakarta
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet Sudirman - Dok. PPID Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA — Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) terbaik di Jakarta bakal segera diresmikan. Saat ini pengerjaan proyek tersebut hampir mencapai 100 persen.

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet Sudirman tahap dua dilaporkan telah mencapai 98 persen.

Proses revitalisasi saat ini dalam tahap finalisasi (finishing) di antaranya, perapihan railing jembatan dan lantai conwood anjungan, pemasangan lampu RGB dan sensor beban.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, JPO yang mengusung konsep kapal pinisi ini diklaim bakal menjadi JPO terbaik di Jakarta.

JPO itu diklaim menjadi yang terbaik di Jakarta karena selain ramah pejalan kaki dan disabilitas, jembatan ini juga ramah pesepeda lantaran menjadi satu-satunya JPO di Jakarta yang dapat dilintasi sepeda.

“Sudah 98 persen, dua persennya tinggal finsihing saja. Dilengkapi dengan anjungan dan lift ekstra besar, JPO dengan konsep kapal pinisi ini bakal ikonik dan viral. Bisa dikatakan JPO terbaik di Jakarta karena satu-satunya JPO yang bisa dilintasi sepeda,” kata Hari, dikutip dari laman PPID Jakarta, Senin (20/12/2021).

Hari melanjutkan, JPO ini dilengkapi sensor beban pada bagian anjungannya yang suatu waktu dapat menghasilkan bunyi penanda apabila pengunjung melebihi kapasitas.

Selain itu, pemasangan sensor beban ini bertujuan menjamin keamanan serta kenyamanan pengunjung yang ingin menikmati suasana dari JPO Kapal Pinisi ini.

“Di anjungan JPO itu kalau lebih dari 50 orang sensornya akan berbunyi. Kalau sudah bunyi turun dulu gantian. Ini demi keamanan pengunjung maupun pengguna JPO lainnya,” ujarnya.

Hari menilai, JPO dengan konsep kapal pinisi ini menjadi salah satu cara terbaik untuk warga ibu kota mengenal kembali sejarah kota Jakarta.

Hal ini dikarenakan, apabila berangkat dari sejarahnya, Pelabuhan Sunda Kelapa di utara Jakarta adalah cikal-bakal kota Jakarta. Dan kapal-kapal pinisi yang sandar di pelabuhan tertua di Indonesia sampai sekarang ini seakan menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota Jakarta.

“Diprediksi bisa selesai minggu ini dan bisa langsung dimanfaatkan masyarakat umum sekaligus menikmati suasana Nataru,” tutur Hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper