Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Luncurkan Beras Fortifikasi FS Nutri Rice

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan beras fortifikasi FS Nutri Rice merupakan program untuk mencegah stunting dan meningkatkan gizi warga Jakarta.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  18:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta meluncurkan beras fortifikasi FS Nutri Rice di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/1/2022) - Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta meluncurkan beras fortifikasi FS Nutri Rice di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/1/2022) - Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan beras fortifikasi FS Nutri Rice. Produk tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan gizi dan percepatan penurunan stunting di Ibu Kota.

Beras kesehatan tersebut merupakan hasil kolaborasi PT Food Station Tjipinang Jaya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) sebagai pihak pendukung yang ikut mendistribusikan kepada warga.

Anies mengapresiasi inovasi beras kesehatan yang diluncurkan bersamaan dalam memperingati Hari Gizi Nasional. Dia mendukung semua pihak yang terlibat, yang upayanya telah sejalan dengan Program Prioritas Nasional untuk percepatan penurunan angka stunting.

"Hal ini karena kita telah banyak menyaksikan contoh masyarakat maju, dan berkembang, dikarenakan pemerintahnya telah menyiapkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan warga," ujar Anies dalam keterangan resmi, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, dalam mencegah permasalahan stunting dan kekurangan gizi lainnya, pola makan bagi calon ibu dan anak di usia muda menjadi salah satu hal yang krusial untuk diperhatikan.

Dia berharap beras FS Nutri Rice yang kaya dengan vitamin dan mineral dapat meningkatkan kecukupan gizi, khususnya untuk perempuan hamil dan generasi muda di DKI Jakarta. Demi mewujudkan hal tersebut, Anies meminta pendistribusian beras FS Nutri Rice perlu dilakukan secara merata dan tepat waktu.

"Ke depannya, kolaborasi antara PT Food Station Tjipinang Jaya dengan stakeholder yang terlibat perlu terus dilakukan guna mempercepat penurunan stunting, kekurangan gizi, serta anemia yang dialami oleh masyarakat, khususnya warga Jakarta," jelasnya.

Anies juga berharap peluncuran beras FS Nutri Rice sekaligus bisa menjadi babak baru dan menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta dalam membantu menyelesaikan masalah gizi, khususnya stunting.

Selain menajaga nutrisi warga, pemerintah juga ingin tetap melestarikan tradisi masyarakat Indonesia yang mayoritas memakan beras.

"BRIN telah melakukan riset, Food Station yang memproduksi dan SKPD terkait mendukung menginformasikan keberadaan Nutri Rice ini kepada masyarakat," imbuhnya.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengatakan peluncuran beras FS Nutri Rice sesuai arahan Gubernur Anies sebagai upaya PT Food Station Tjipinang Jaya dalam rangka mempercepat penurunan stunting khususnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"Selain itu, kami sebagai BUMD DKI Jakarta berkolaborasi dengan Instansi Pemerintah ataupun swasta untuk hadir bagi warga Jakarta” ujar Pamrihadi.

Menurutnya hal ini juga sejalan dengan Program Prioritas yang ditetapkan BAPPENAS dalam RPJMN 2020-2024.

Food Station berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan pengembangan produk beras kesehatan (beras fortifikasi) yang mengandung vitamin dan mineral.

“Terimakasih kepada semua pihak atas kerjasama dan kolaborasinya sehingga acara peluncuran beras FS Nutri Rice ini bisa terlaksana. Kami berharap produk FS Nutri Rice ini memberikan manfaat kepada warga Jakarta” ucapnya.

Peluncuran beras fortifikasi FS Nutri Rice ini merupakan salah satu aksi strategis dan solusi percepatan penurunan stunting, gizi buruk, serta anemia bagi masyarakat DKI yang didistribusikan melalui skema Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial, Kartu Jakarta Pintar (KJP), Posyandu, Sarapan Pagi Anak Sekolah TK-SD-SMP, serta banyak program lainnya.

PT Food Station Tjipinang Jaya telah menerima pesanan pertama untuk produk FS Nutri Rice sebanyak 26.000 pack. Selanjutnya, masyarakat DKI Jakarta dapat memperoleh FS Nutri Rice dengan kemasan 1 kg di 2000 gerai Alfamart yang tersebar di Jabodetabek.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan Stok Beras Food Station Tjipinang
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top