Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Kartini, Anies Baswedan: Mengenang Kartini Bukan Sekadar Tradisi Merayakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa mengenang Kartini bukan sekadar tradisi merayakan kebangkitan dan keseteraan perempuan yang diperjuangkannya.
RA Kartini tokoh emansipasi wanita di Indonesia./Istimewa
RA Kartini tokoh emansipasi wanita di Indonesia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa mengenang Kartini bukan sekadar tradisi merayakan kebangkitan dan keseteraan perempuan yang diperjuangkannya.

Mengenang Kartini adalah juga tentang menghikmati cara perjuangannya.

Kartini tidak mengangkat senjata, tidak memimpin gerakan, tidak pula mendirikan partai dan organisasi kebangsaan. Perjuangan Kartini adalah perjuangan gagasan melalui kata-kata. Gagasan yang ia narasikan, kata-kata yang ia tuliskan.

“Kata-kata bagi Kartini tidak sekadar menjadi senjata, tapi juga penyala,” kata Anies dikutip dari akun Instagram @aniesbaswedan, Jumat (22/4/2022).

Anies menyebut, Kartini baru sempat mendirikan satu sekolah wanita selama setahun, sebelum dia meninggalkan dunia dalam usia terlalu muda. Namun, kata-katanya menjelajah jauh melampaui rentang hidup singkatnya.

Kata-kata yang tertulis dalam surat-suratnya telah menyalakan gagasan, pemahaman, dan inspirasi dalam benak bangsanya.

Dikatakan, Perkumpulan Budi Kemuliaan adalah salah satu contohnya. Didirikan oleh beberapa perempuan berkedudukan tinggi di masyarakat yang terilhami oleh buku kumpulan surat-surat Kartini.

Dari perkumpulan ini lahirlah Rumah Sakit Budi Kemuliaan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Kemuliaan yang sepanjang sejarahnya telah tebar luaskan begitu banyak kebermanfaatan.

Kartini adalah satu dari sedikit pahlawan nasional yang dihormati karena pemikiran dan gagasannya. Kartini tak hanya mewakili perjuangan perempuan, tapi ia pun mewakili perjuangan melalui gagasan.

“Dari Kartini, kita melihat secara nyata rangkaian gagasan mewujud menjadi narasi, lalu mewujud menjadi karya. Selamat Hari Kartini. Selamat merayakan kebangkitan dan kesetaraan kaum perempuan. Selamat merayakan kekuatan kata-kata dalam membawa perubahan,”pungkas Anies.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper