Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Formula E Jakarta 2022, Penyelenggara Siapkan Mitigasi Cuaca Buruk

Penyelenggara Formula E  tahun 2022 mengklaim telah mempersiapkan sejumlah upaya mitigasi untuk menghadapi perubahan cuaca.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  10:35 WIB
Formula E Jakarta 2022, Penyelenggara Siapkan Mitigasi Cuaca Buruk
Chairman Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022, Ahmad Sahroni (kanan) dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto (kiri) berfoto di dekat mobil usail unboxing replika mobil Formula E di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta , Kamis (26/5/2022). Panitia penyelenggara Formula E Jakarta, memperkenalkan replika Mobil Balap berteknologi ramah lingkungan yang akan dipamerkan pada laga Formula E 4 Juni 2022. ANTARA FOTO/Reno Esnir - YU

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara Formula E tahun 2022 di Jakarta atau Jakarta E-Prix mengklaim pihaknya telah mempersiapkan sejumlah upaya mitigasi untuk menghadapi perubahan cuaca selama acara berlangsung.

Hal ini disampaikan Consultant Safety, Health and Environment (HSE) FEO Richard Bate, bahwa pihaknya sudah terbiasa menghadapi dampak perubahan cuaca dari sisi keamanan penonton hingga infrastruktur trek balapan.

"Kami sudah melalui banyak sekali balapan di berbagai negara dunia dengan beragam musim. Jadi perihal menghadapi situasi seperti cuaca kami siap mengakomodir sesuai dengan keadaan," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (31/5/2022).

Jika cuaca memburuk seperti angin kencang, pihaknya akan mengarahkan penonton untuk turun dari tribun.

Sementara untuk trek balapan, teknisi dan engineer Jakpro telah menyiapkan drainase atau saluran khusus untuk menyalurkan volume air yang berlebihan di area trek.

"Drainase ini dirancang baik sekali, dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan. Kalian harus bangga dengan treknya. Ini fantastis sekali karena dirancang dengan sangat baik," ujar Bate.

Di sisi lain, Event Director FEO Gemma Sierra mengatakan jika hujan yang terjadi belakangan ini bukan masalah besar.

“Dari sisi pertandingan, kalau sekadar hujan biasa—seperti yang terjadi belakangan ini, itu tak masalah bagi balapan,” katanya.

Namun, jika cuaca ekstrem menghadang misalnya hujan, angin topan, hingga badai disertai petir dalam jangka waktu panjang, maka mau tak mau balapan dihentikan sementara.

Sierra meyakini kondisi tersebut kemungkinan besar tidak akan terjadi.

"Mengingat hujan akhir-akhir ini, cenderung tak mengancam balapan dan drainase pun sudah dirancang begitu baik," paparnya.

Sebagai informasi, pembelian tiket Firmula E sudah dibuka sejak 1 Mei 2022melalui website jakartaeprixofficial.com dan jakartaeprix.goersapp.com.

Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 di Jakarta International Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cuaca ekstrem jakpro cuaca jakarta Formula E Jakarta
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top