Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wujudkan Green Port, PT KCN Tanam Mangrove di Pelabuhan Marunda

PT KCN melakukan penanaman bakau di kawasan Pelabuhan Marunda guna mendukung mewujudkan green port.
Mangrove merupakan salah satu ekosistem pesisir yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia. /KKP
Mangrove merupakan salah satu ekosistem pesisir yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia. /KKP

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara (KCN) mendukung pelestarian alam berkelanjutan di wilayah Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara sebagai upaya mewujudkan penghijauan pelabuhan (green port).

Penanaman bibit mangrove atau bakau di Pelabuhan PT KCN Marunda pada Jumat lalu merupakan lanjutan program tahap II di Hutan Bakau, yang berada di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3 sepanjang 1.100 meter.

Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Kemenko Maritim dan Investasi, Fatma Puspitasari mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi upaya KCN tersebut. 

"Inisiatif giat tanggung jawab sosial dan lingkungan khususnya pada giat penanaman mangrove ini merupakan kontribusi dunia usaha yang patut kita banggakan. Sebagaimana kita ketahui bersama, Presiden Joko Widodo telah menegaskan target rehabilitasi mangrove nasional seluas 600.000 hektare pada 2024," katanya melalui keterangan resmi, Sabtu (4/6/2022). 

Sementara itu, Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara Widodo Setiadi mengatakan, upaya pelestarian alam berkelanjutan itu sebelumnya telah melaksanakan penanaman bibit bakau Tahap I sepanjang 600 meter di perimeter selatan terminal umum PT KCN pada 2017.

"Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga green port," ujarnya.

Adapun, kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Kordinasi Maritim dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kantor OP. Utama Tanjung Priok, dan Institut Pertanian Bogor (IPB). 

IPB sendiri memberikan masukan jenis bakau yang cocok ditanam yaitu Rhizopora Muncronata. Tanaman bakau jenis tersebut dapar tumbuh dapat mencapai ketinggian 30 meter. 

Selain penanaman bakau, KCN juga sudah menanami kawasan yang dikelolanya dengan pohon jenis spathodea sebanyak 120 pohon dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter.

Penanaman bakau jenis rhizopora mucronata tahap II yang berlangsung awal Juni 2022 itu akan diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda dan telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KCN juga memberikan bantuan kemanusian dalam bentuk uang tunai sebesar Rp139,5 juta kepada PMI Jakarta Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper