Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Citayam Fashion Week Punya Tempat Baru?

Citayam Fashion Week belakangan menimbulkan polemik hingga akhirnya ditutup. Hal tersebut tampak dari video yang diunggah akun @dki360.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  14:02 WIB
Citayam Fashion Week Punya Tempat Baru?
Warga berpose menampilkan busananya di atas zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Citayam Fashion Week belakangan menimbulkan polemik hingga akhirnya ditutup. Hal tersebut tampak dari video yang diunggah akun @dki360.

Dalam video tersebut tampak seorang petugas mengatakan bahwa zebra cross akan difungsikan sebagaimana mestinya yakni tempat penyeberangan.

"Kami dari tiga pilar kecamatan Tanah Abang mengimbau bapak ibu semua, adik-adik, abang-abang untuk bisa bijak zebra cross digunakan untuk penyeberangan orang bukan fashion show," kata seorang petugas dalam video tersebut, dikutip Rabu (27/7/2022).

Apakah Citayam Fashion Week akan punya tempat baru?

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria hal tersebut membutuhkan waktu.

"Itu perlu waktu tidak bisa serta merta kemudian kita menggusur. Kemudian kalau mau direlokasi juga harus disiapkan tempatnya yang baik," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Riza Patria kemudian mengimbau muda-mudi yang masih nongkrong di kawasan tersebut untuk memperhatikan aturan. Termasuk untuk tidak pulang malam, menjaga kebersihan, dan tidak tidur di jalanan.

"Paling utama, sekarang waktunya belajar sudah bukan libur lagi," katanya.

Pengamat tata kota dan peneliti pada Pusat Studi Perkotaan Nirwono Yoga mengungkap, bahwa fenomena Citayam Fashion Week belum tentu berlangsung lama. Terlebih jika kegiatan tersebut tidak dikelola dengan baik.

"Semua warganet berusaha update status hal-hal yang viral dan pemerintah cenderung memanfaatkan ketenaran sesaat itu untuk keperluan pemerintah, bisa kampanye atau kegiatan lainnya, model seperti ini juga tidak akan bertahan lama," kata Nirwono kepada Bisnis, Sabtu (23/7/2022).

Dia menilai fenomena tersebut seharusnya mampu mendorong pemerintah di daerah penyangga Jakarta yakni Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) untuk menyediakan ruang publik.

Diketahui, muda-mudi yang kerap nongkrong di Dukuh Atas, Jakarta Pusat berasal dari Bojong Gede dan Citayam, Bogor, Jawa Barat.

"Menyediakan ruang publik atau taman yang menarik, terbuka untuk berbagai kegiatan anak muda, gratis, dan strategis [mudah dicapai], sehingga jika mereka ingin berkegiatan tidak perlu ke Dukuh Atas, Jakarta," kata Nirwono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Citayam Fashion Week wagub dki fashion
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top