Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Mudik Lebaran 2023, Dishub DKI Sediakan Layanan Uji KIR Keliling

Dishub DKI menyelenggarakan Uji KIR Keliling di sejumlah terminal untuk memastikan kendaraan dalam kondisi aman saat mudik Lebaran 2023
Sambut Mudik Lebaran 2023, Dishub DKI Sediakan Layanan Uji KIR Keliling/Beritajakarta
Sambut Mudik Lebaran 2023, Dishub DKI Sediakan Layanan Uji KIR Keliling/Beritajakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meluncurkan layanan uji KIR keliling menyambut Mudik Lebaran Tahun 2023 di sejumlah terminal angkutan kota antarprovinsi (AKAP) di Jakarta.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, layanan uji KIR keliling ditujukan untuk memastikan kendaraan yang akan mengangkut pemudik memenuhi unsur keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Untuk itu, petugas Dishub DKI Jakarta akan memastikan persyaratan teknik laik jalan terpenuhi melalui ramp check.

"Apabila masa berlaku Uji KIR habis, pemilik kendaraan akan diarahkan petugas untuk mengurus perpanjangan Uji KIR melalui Layanan Uji KIR Keliling di lokasi terminal pemberangkatan,” jelas Syafrin dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu (25/3/2023).

Syafrin menyampaikan, pemilik kendaraan dapat mendaftarkan kendaraannya secara online dan melakukan pembayaran dengan metode cashless untuk mengikuti layanan uji KIR keliling, sebelum kendaraan diizinkan kembali beroperasi.

Selain itu, dalam uji berkala keliling akan diperiksa 9 sistem komponen uji dengan dukungan peralatan secara mobile yang sudah terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia secara komputerisasi.

Dengan sistem tersebut, pemilik kendaraan dapat menerima hasil uji berupa bukti lulus uji elektronik di tempat pengujian secara langsung.

"Ramp Check ini dilakukan oleh petugas Dishub DKI Jakarta untuk memastikan pengujian persyaratan teknis dan laik jalan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti pada UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan," imbuh Syafrin.

Lebih lanjut, layanan uji KIR keliling digelar di Terminal Kampung Rambutan, Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Tanjung Priok, Terminal Kalideres, Terminal Lebak Bulus, dan seluruh terminal yang akan melayani Mudik Gratis Tahun 2023 menggunakan bantuan Bus Pariwisata dari Pemprov DKI Jakarta.

Sebagai informasi, saat ini DKI Jakarta memiliki 6 unit fasilitas layanan uji KIR keliling. Setelah kegiatan arus mudik selesai, layanan tersebut nantinya juga akan diperuntukkan untuk uji berkala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler