Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU DKI: Gudang Logistik Pemilu 2024 Belum Memadai

KPU DKI meyatakan sejumlah fasilitas untuk menunjang Pemilu 2024 belum memadai.
KPU / Bisnis - Surya Dua Artha
KPU / Bisnis - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan masih ada beberapa gudang logistik yang belum memadai untuk kesiapan Pemilu 2024.

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, salah satu fokus utama untuk mempesiapkan Pemilu 2024 adalah ketersediaan gudang logistik, ada beberapa kecamatan di Jakarta yang saat ini belum memiliki fasilitas tersebut.

“Ada beberapa kecamatan yang saat ini tidak memiliki gedung olahraga [GOR] karena masih dalam proses pembangunan,” ujar Wahyu dalam keterangan resmi, Rabu (19/7/2023).

Seperti diketahui, GOR merupakan salah satu fasilitas yang penting untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan kotak suara saat pemilu berlangsung.

Selain itu, tempat ini juga bisa digunakan untuk rekapitulasi.

Selain gudang logisitk, Wahyu melanjutkan, asilitasi ruang kerja PPK dan PPS di kantor kecamatan dan kelurahan juga belum memadai.

KPU DKI akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyempurnakan fasilitas tersebut.

"Saat ini kondisi ruang kerja PPK dan PPS belum semuanya memadai. Untuk itu diperlukan dukungan agar mereka dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai badan adhoc penyelenggara dengan baik,” jelasnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani mengatakan, sarana yang paling penting untuk segera dipastikan kesiapan dan kelayakan adalah tempat atau lokasi untuk penyimpanan kotak suara.

“Terutama untuk yang masalah kotak suara dan lain-lain itu sangat krusial, sangat penting bagi semua. Mungkin nanti boleh diinformasikan GOR yang mau digunakan tuh mana saja,” ujarnya.

Sementara, Wakil Ketu Komisi A Inggard Joshua juga menyatakan kesiapannya untuk berkoordinasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi DKI Jakarta untuk sosialisasi dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) untuk penyediaan jaringan internet, 

DPRD DKI juga akan berkoordinasi dengan para wali kota untuk menyiapkan tempat penyimpanan kotak suara demi menunjang kinerja KPU DKI Jakarta.

“Terkait dengan sarana prasarana kami sudah bahas dan kami akan mengawal terus khususnya kita  KPU dibawah Kesbangpol, kami pasti memanggil kesbangpol. Jadi kita pastikan kita dukung dengan baik semuanya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper