Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPU DKI Sebut 139 Bacaleg Tidak Lolos Verifikasi

KPU DKI menyatakan sebanyak 139 Bacaleg DPRD DKI tidak lolos verifikasi data.
Ilustrasi Baliho Caleg/Bisnis.com
Ilustrasi Baliho Caleg/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan sebanyak 139 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD DKI Jakarta tidak lolos dalam tahapan verifikasi data. Namun demikian, KPU DKI masih memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Doddy Wijaya mengatakan, untuk bacaleg yang belum memenuhi syarat masih bisa melakukan perbaikan dokumen pada saat pencermatan daftar calon sementara (DCS) yang akan dilakukan pada 6-11 Agustus 2023.

“Jadi bisa diganti atau diperbaiki dokumennya, diperbaiki oleh partai politik atau nanti bakal calonnya diganti oleh pengganti lain,” ujar Doddy kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Dia menambahkan, KPU DKI memberikan layanan dalam bentuk helpdesk untuk partai politik melakukan perbaikan dokumen, pengajuan bakal calon, penggantian nomor urut , perpindahan Dapil bakal calon dimasa pencermatan tersebut. 

“Kita sedang menunggu, kami memberikan layanan dalam bentuk helpdesk,” jelasnya.

Sebagai informasi, pengumuman DCS akan disampaikan oleh KPU pada tanggal 19 sampai 23 Agustus 2023 dan masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS pada 19 sampai 28 Agustus 2023.

Sebelumnya, KPU DKI telah melakukan verifikasi administrasi perbaikan kebenaran dokumen persyaratan administrasi Bakal Calon dan kegandaan pencalonan mulai tanggal 10 – 31 Juli 2023. 

Hasilnya untuk Calon Anggota DPD adalah 25 bakal calon dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sedangkan untuk DPRD dari 1.859 Bacaleg yang diusulkan oleh 18 partai politik, terdapat 1.720 yang MS dan 139 tidak memenuhi syarat (TMS).

Adapun Partai Politik yang Memenuhi Syarat 100 persen adalah Partai Gerindra, Golkar, Gelora, PKS, dan PSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler