Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enggan Berkomentar Banyak, Jakpro Pastikan JIS Siap Sambut Piala Dunia U-17

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan fasilitas Jakarta International Stadium (JIS) untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 sudah siap digunakan.
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan fasilitas Jakarta International Stadium (JIS) untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 sudah siap digunakan. Pihaknya pun enggan berkomentar banyak mengenai kesiapan yang sudah dilakukan sejauh ini.

Direktur Bisnis Jakpro I Gede Adi Adnyana mengatakan, kesiapan Stadion JIS untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 saat ini tengah dalam tahap penyelesaian saja, dan siap untuk digunakan untuk pertandingan internasional tersebut. 

“Sudah finishing, tinggal main doang. Semuanya juga sudah kondusif dan aman. Ini melihatnya buat Jakarta, buat Indonesia juga,” ujar Adi di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023).

Dia juga menyatakan fasilitas yang sempat menjadi perhatian FIFA dan pemerintah pusat seperti rumput dan akses pengunjung ke stadion tersebut juga sudah masuk dalam tahap penyelesaian, dan tinggal digunakan saja oleh para pengunjung.

“JIS sudah tinggal digunakan untuk pertandingan, Jembatan Penyeberangan Orang [JPO] sudah siap, semuanya sudah, bisa dibilang tinggal pakai saja,” jelasnya. 

Namun saat awak media menanyakan fasilitas apa saja yang sudah siap digunakan selain JPO dan rumput, Adi tidak berkomentar banyak, hanya saja pihaknya saat ini sudah didukung penuh oleh pemerintah untuk mensukseskan gelaran Piala Dunia U-17 yang akan dimulai bulan ini. 

“Aman persiapan JIS, kita didukung penuh, sudah tinggal jalan saja,” jelasnya.

Terkait dengan rumput, Jakpro telah membuka tender unit growlight senilai Rp14,9 miliar untuk menjaga kualitas dan ketahanan rumput JIS menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-17.

Direktur Utama Jakarta Propertindo Iwan Takwin mengatakan, pelaksanaan tender tersebut dilakukan seiring unit growlight yang tersedia saat ini sangat minim dan belum mencakup perawatan keseluruhan rumput di Stadion JIS.

“Berdasarkan hasil pengecekan oleh pihak penyelenggara, direkomendasikan penambahan unit growlight untuk membantu proses pertumbuhan rumput di lapangan utama [field of play] JIS,” ujar Iwan kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

Menurut Iwan, penambahan growlight saat ini sangat diperlukan untuk mendukung operational sustainability performa rumput di JIS, seiring dengan intensitas kegiatan pertandingan yang tinggi. 

Seiring dilaksanakannya tender tersebut, Iwan menyatakan, Jakpro semakin mudah untuk menjaga kualitas rumput agar sesuai dengan standar FIFA. Seperti diketahui, upaya yang telah dilakukan perusahaan untuk memperbaiki kualitas rumput JIS menjelang penyelenggaran Piala Dunia U-17 melalui nursery.

Dia menjelaskan, melalui nursery, Jakpro mengganti rumput eksisting dengan rumput cadangan melalui metode gulung-gelar. 

Rumput yang ‘digulung’ ini kemudian menjalani proses treatment di tempat nursery. 

“Penggantian rumput melalui nursery dan growlight merupakan dua hal yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan lapangan dengan kualitas yang prima sesuai standar FIFA. Adapun growlight ini merupakan kebutuhan investasi jangka panjang untuk fasilitas tambahan perawatan rumput di JIS,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper