Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zita Anjani Kena Tegur Anggota Dewan Saat Klarifikasi di Rapat Paripurna

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Zita Anjani ditegur sejumlah Dewan akibat memberikan klarifikasi mengenai masalah pribadinya di rapat paripurna.
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN, Zita Anjani saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/8/2024)/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN, Zita Anjani saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/8/2024)/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani ditegur sejumlah Dewan akibat memberikan klarifikasi mengenai masalah pribadinya di rapat paripurna hari ini, Kamis (1/7/2024).

Klarifikasi itu Zita sampaikan atas ketidakhadirannya di rapat paripurna beberapa waktu lalu. Warganet di media sosial menyoroti putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan karena menguggah kegiatan olahraga berbarengan dengan agenda tersebut.

Mulanya, Zita menjadi pimpinan rapat paripurna mengenai Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono juga hadir dalam rapat itu.

Usai paparan Pj Gubernur, Anggota Fraksi PAN Lukmanul Hakim kemudian menginterupsi jalannya forum dan meminta Zita memberikan klarifikasi.

“Ada yang perlu menjadi catatan di sini. Ini khusus ditujukan kepada Wakil Pimpinan Zita Anjani yang beberapa hari belakangan ini viral soal tidak hadir paripurna, konon katanya karena pilates. Tolong dijelaskan supaya enggak ada kekeliruan di sini,” katanya dalam rapat.

Selagi tampak membaca teks, Zita kemudian mengungkapkan klarifikasinya. Dirinya berkilah bahwa agenda rapat sebelumnya bukan merupakan pengambilan keputusan, sehingga memungkinkan apabila hanya dikomando oleh satu orang pimpinan.

“Bahwa saat ini adalah masa kegiatan dewan-dewan terjun ke lapangan, bertemu masyarakat dan konstituen, sehingga pada paripurna kemarin banyak yang berhalangan hadir,” lanjut dia.

Belum selesai berbicara, Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Prasetyo Edi Marsudi langsung mengambil alih forum.

“Saya sebagai Ketua DPRD. Ini adalah paripurna. Jadi kalau mau bikin klarifikasi, singkat saja,” kata Prasetyo.

Bak gayung bersambut, sejumlah anggota DPRD lainnya menyatakan setuju atas perkataan itu.

Ketika Zita hendak meneruskan penyampaiannya, anggota dewan lainnya turut bereaksi. Salah satunya ialah Anggota Fraksi Gerindra, Inggard Joshua yang meminta Zita menyampaikan klarifikasinya kepada wartawan usai rapat berakhir.

“Ya, Bung Hakim, saya mau menjawab, tapi mungkin teman-teman kurang berkenan. Jadi mungkin bisa saya jawab di depan sana. Sekali lagi terima kasih,” jawab Zita.

Rapat paripurna tersebut kemudian berlanjut kepada agenda penandatanganan pakta integritas antara Pj Gubernur dengan pimpinan DPRD DKI.

Sebelumnya, kabar mengenai ketidakhadiran Zita dalam rapat paripurna DPRD DKI viral di media sosial. Dirinya absen dalam rapat dengan agenda penyampaian pandangan Fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2023 pada Kamis (26/7/2024) lalu.

Saat itu, hanya Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS, Khoirudin yang tampak hadir di kursi pimpinan. Sorotan lantas tertuju pada Zita yang pada saat bersamaan mengunggah konten aktivitas pribadi di akun media sosialnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper