Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEROWONGAN TERPADU JAKARTA Mulai Dibangun Akhir Tahun Ini

Jakarta Integrated Tunnel (JIT) atau terowongan terpadu Jakarta akan segera dibangun pada akhir 2014.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jakarta Integrated Tunnel (JIT) atau terowongan terpadu Jakarta akan segera dibangun pada akhir 2014.

Komisaris PT Antaredja Mulia Jaya Wibisono mengatakan rencana pembangunan ini sudah disetujui dengan Pemprov DKI dan ditargetkan pada 2017 akan selesai pembangunannya.

"Udah diteken sama gubernur DKI. Abis ini dilakukan kajian kelayakan studi selama 4 bulan. Akhir tahun akan mulai bangun dan butuh waktu pembangunannya selama 3 tahun," ujarnya di Balai Kota, Jumat (25/4/2014).

Menurutnya, pembangunan JIT ini merupakan solusi untuk masalah transportasi dan pengendalian banjir saat musim hujan.

"Banjir rob bisa diatasi dengan terowongan ini tanpa harus menggunakan pompa air. Lagipula JIT ini orang tidak akan buang sampah sembarangan, saluran ketutup dan kendaraan aman karena tidak ada yang orang yang menyeberang," katanya.

Direktur Utama PT Antaredja Mulia Jaya Agus Sidharta menjamin pembangunan JIT ini tidak akan mengganggu lalu lintas di Jakarta dan tidak menyebabkan kemacetan.

"Ini berbeda dengan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). MRT bikin macet, kalau JIT ini orang di jalan tidak akan tahu kalau di bawahnya dibangun JIT," ucapnya.

Pembangunan JIT akan dibangun di dua lokasi, yaitu Ulujami-Tanah Abang untuk menampung air dari Kali Pesanggarahan dan Manggarai-Pasar Minggu menampung air Kali Ciliwung.

Kedua lokasi tersebut akan dibangun masing-masing dua ruas lajur dengan panjang 12 kilometer (kilometer). Kedalaman JIT ini 5 meter hingga 15 meter dari permukaan tanah dengan diameter 11 meter.

"Anggaran yang dibutuhkan masing-masing lokasi, Rp12 triliun. Seluruhnya Rp24 triliun. Terowongan paling bawah saluran air, atasnya untuk jalan kendaraan," tuturnya.

PT Antaredja Mulia Jaya, lanjut Agus, menggandeng investor Bouygues yang merupakan perusahaan internasional di Perancis dan telah berpengalaman membangun tunnel di seluruh dunia antara lain Eropa, Afrika, Amerika dan China.

"Mereka nanti yang mengebor terowongannya. Alatnya kan mereka yang punya," ujarnya.

Selain Bouygues, PT Antaredja Mulia Jaya juga bekerja sama dengan PT Jakarta Tollroad Development (JTD) untuk membangun jalan di JIT. Pengelolaan dan perawatan jalan di JIT ini akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak JTD.

"Jadi tidak usah bayar perawatan dengan gunain APBD maupun APBN, kan sudah ada JTD ini yang mengelola dari uang tolnya," ucapnya.

Agus meyakini jika seluruh 6 ruas jalan tol di DKI dibangun JIT di bawahnya maka Jakarta akan bebas dari permasalahan banjir yang setiap tahunnya melanda ibu kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper