Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Smart City, Bogor Bakal Terapkan Konsep ICT

Pemkot Bogor mengklaim akan menjadi yang pertama dalam menerapkan program Information, Communication and Technology (ICT) dalam mengembangkan konsep smart city.
Smart City. /Bisnis.com
Smart City. /Bisnis.com

Bisnis.com, BOGOR- Pemkot Bogor mengklaim akan menjadi yang pertama dalam menerapkan program Information, Communication and Technology (ICT) dalam mengembangkan konsep smart city.

Deputi Rektor Universitas Paramadina bidang Akademi dan Riset Totok A.Soefijanto mengatakan program yang digagas oleh Hewlett Packard bekerjasama dengan Universitas Paramadina Jakarta ini akan menyambungkan sekolah-sekolah di Kota Bogor dengan informasi digital yang ada di luar sekolah.

"Dengan adanya program ini kelak akan memperkaya pengetahuan para siswa dan pengajar dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi digital," ujarnya, di Balaikota Bogor, Senin (21/3/2016)

Dia berharap ke depan siswa tidak hanya memanfaatkan text book sebagai sumber informasi, tapi juga tahu bagaimana cara menghubungkan kelas ke dunia internet.

Selain itu, program ini akan mengukur kesiapan Kota Bogor dalam menyerap ICT. Sebelumnya akan dilakukan dengan survei ke sekitar 200 sekolah yang ada di Kota Bogor. Survei akan melibatkan kurang lebih 2000 siswa dan 400 guru dari tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat.

“Kelak program yang diterapkan di Kota Bogor akan menjadi percontohan (pilot project) bagi sekolah lain di seluruh Indonesia,” katanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya yang menerima langsung delegasi HP dan Universitas Paramadina Jakarta memberikan apresiasi terhadap program tersebut.

Pemerintah Kota Bogor mengapreasi terkait program penerapan ICT ini, karena program ICT ini sinergi dengan visi dan misi Kota Bogor. “Selain itu selaras dengan program Smart City yang telah dijalankan,” kata Bima.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Edgar Suratman mengungkapkan diperlukan sosialisasi kepada semua insan pendidikan terutama bagi tenaga pendidik. “Sosialisasi dilakukan agar penerapan program bisa berjalan optimal,” tambah Edgar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler