Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Reuni Akbar 212!

Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas menjelang Reuni Akbar 212 yang bakal digelar di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018).
JIBI
JIBI - Bisnis.com 01 Desember 2018  |  11:16 WIB
Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Reuni Akbar 212!
Foto aerial ribuan umat Islam melakukan dzikir dan doa bersama di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (2/12/2016). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas menjelang Reuni Akbar 212 yang bakal digelar di Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengungkapkan pihaknya akan memberlakukan sistem buka tutup selama kegiatan tersebut berlangsung.

"Rekayasa lalu lintas dilakukan karena pada saat yang bersamaan terdapat acara Maulid Nabi di Masjid lstiqlal dan Car Free Day (CFD)," tuturnya seperti dilansir Tempo, Sabtu (1/12).

Untuk kawasan Jakarta Pusat sisi barat hingga utara, arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan menuju Jalan Juanda. Dengan demikian, pengguna jalan tidak bisa langsung melaju lurus ke arah Jalan Majapahit dan mesti berbelok melewati Jalan Juanda.

Arus lalu lintas dari Jalan Katedral menuju Jalan Veteran juga dialihkan dan pengguna jalan akan diarahkan menuju Jalan Pos.

Sementara itu, pengguna jalan dari arah Jalan Gunung Sahari yang menuju ke Jalan Dr. Sutomo bakal diarahkan lurus ke kawasan Senen. Kemudian, pengguna jalan dari Senen ke Jalan Budi Utomo akan dialihkan melewati kawasan Gunung Sahari. 

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Perwira. 

Arus lalu lintas dari Jalan Senen Raya menuju Jalan Kwini II juga dialihkan ke Jalan Dr. Wahidin Raya, sedangkan kendaraan dari Cikini yang menuju Jalan M. Ridwan Rais mesti melalui kawasan Kwitang.

Setelah CFD usai, arus dari arah Jalan MH Thamrin yang menuju Harmoni akan dialihakan melalui Jalan Kebon Sirih. Adapun pengguna jalan dari Jalan Abdul Muis yang ingin menuju Jalan Budi Kemuliaan bakal diarahkan menuju Harmoni atau Jalan Fachrudin. 

Lalu, arus kendaraan dari Jalan Abdul Muis yang menuju Jalan Museum dialihkan ke arah Jalan Fachrudin.

Sigit mengungkapkan pembukaan jalan akan dilakukan kembali secara situasional oleh petugas di lapangan.

Sebelumnya, Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mengungkapkan kegiatan itu akan digelar sejak pukul 03.00 WIB hingga 10.00 WIB. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lalu lintas, AKSI 212

Sumber : Tempo

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top