Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Ular Masuk Rumah, Wali Kota Jakbar Ajak Warga Bersih-bersih Timbunan Sampah

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengimbau warga Ibu Kota ikut mengantisipasi musim beranak ular kobra lewat program bersih-bersih tumpukan sampah.
Ular kobra berkepala dua/proboards
Ular kobra berkepala dua/proboards

Bisnis.com, JAKARTA - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengimbau warga Ibu Kota ikut mengantisipasi musim beranak ular kobra lewat program bersih-bersih tumpukan sampah. Terutama kaleng-kaleng bekas dan lubang-lubang mencurigakan di bawah atau sekitar tumpukan sampah.

Hal ini demi mengatasi potensi ular-ular liar tersebut memasuki rumah warga. Seperti halnya temuan 18 ekor ular kobra seukuran kurang lebih 20 sentimeter di kloset kamar mandi warga di Jalan Langgar RT04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/12/2019).

"Kita berharap masyarakat waspada. Antisipasi tempat-tempat yang kemungkinan berkembangbiaknya ular ya dibersihkan. Karena itu berhubungan dengan kebersihan wilayah, kebersihan lingkungan," jelasnya selepas menghadiri agenda di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/12/2019).

Rustam berharap tak ada temuan ular lagi di masa depan. Sementara itu, pihak pemerintah kota akan membantu petugas pemadam kebakaran terlatih untuk stand by, serta mempersiapkan persediaan serum anti bisa ular.

"Kalau ada laporan lagi, mudah-mudahan tidak ada. Kita sudah perintahkan bukan cuma lurah, tapi RW juga. Misalnya di lubang-lubang, kaleng-kaleng bekas, pokoknya sarang ular. Nanti kan dibersihkan," tambahnya.

Rustam menegaskan apabila masyarakat menemukan potensi sarang ular, segeralah melapor ke RW setempat dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan terdekat.

Sebelumnya, Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut 18 ekor ular kobra di Kembangan, Jakarta Barat yang ditemukan bersarang di gudang bekas kolam.

Eko mengatakan sebanyak satu regu damkar, dengan empat anggota mengevakuasi belasan anak ular kobra tersebut. Penanganan kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Hera, pemilik rumah mengatakan ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi.

Kamar mandi tersebut memiliki saluran perpipaan yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.

Di lokasi tersebut, baik karyawan pabrik ayahnya maupun tetangga sekitar sering menemukan ular, karena tak jauh dari lahan kosong dan terdapat pohon bambu yang bersebelahan dengan kuburan. Diduga tempat tersebut menjadi sarang ular.

Namun, karena kuburan yang berada dekat sarang ular tersebut baru saja direnovasi, ular-ular tersebut kemungkinan mencari sarang lain.

"Belum lama juga tetangga saya menemukan ular sebesar paha orang dewasa ular di kloset, kepalanya mucul di tempat buang air tersebut," ujar Hera.

Tak hanya itu, Hera mengaku menemukan anak ular air yang masuk ke dalam kamar tidurnya. Oleh karena teror ular tersebut, Hera segera melaporkan ke petugas Damkar melalui telepon dan akun Instagramnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper