Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RSUI Kota Depok Mulai Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Saat ini jumlah pasien Covid-19 di RSUI Kota Depok sudah mencapai 109 orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  05:59 WIB
Ilustrasi-Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). - Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi-Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, DEPOK — Jumlah pasien Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia Kota Depok sudah melebihi daya tampung rumah sakit itu.

Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Astusti Giantini mengatakan bahwa saat ini jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit itu sudah mencapai 109 orang.

“Termasuk di ruangan intensive care unit ada 21 pasien,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Bahkan, tuturnya, RSUI terpaksa menggunakan ruang instalasi gawat darurat (IGD) untuk menampung pasien Covid-19 yang membutuhkan ventilator.

“Pasien yang memerlukan ventilator juga akhirnya kami layani di IGD, ruang IGD kami penuh sampai 21 orang,” kata Astuti.

Meski menyalahi prosedur, RSUI Depok tetap menjalankan hal tersebut karena hampir seluruh rumah sakit juga mengalami hal yang sama.

“Harusnya enggak boleh nerima pasien segitu banyak, tapi pasien udah enggak bisa lagi dikirim ke mana-mana karena rumah sakit lain juga penuh.”

Astuti berencana menambah 23 tempat tidur khusus Covid-19 lagi untuk menambah kapasitas. Namun, baru enam tempat tidur yang terealisasi.

“Kurang 17 lagi karena ruangannya belum memenuhi persyaratan, jadi ruangan itu yang harus dibantulah oleh Kemenkes atau oleh pemda,” kata Astuti.

Astuti meminta agar Pemerintah Kota Depok maupun pemerintah pusat dapat melihat kondisi ini dan membantu penambahan ruangan khusus Covid-19.

“Kami masih memerlukan biaya untuk penyekatan untuk menjadi ruangan negative pressure,” kata Astuti.

Hingga Kamis 14 Januari 2021, Kota Depok masih memiliki 3.977 kasus aktif Covid-19. Total ada 20.758 kasus Covid-19 di Kota Depok dengan perincian 16.302 orang telah dinyatakan sembuh dan 479 pasien Covid-19 meninggal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit depok Covid-19

Sumber : Tempo.co

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top