Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Resmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di TIM

Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dan berharap bisa dimanfaatkan lebih yakni menjadi wadah membangun komunitas.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  19:16 WIB
Anies Resmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di TIM
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dan berharap bisa dimanfaatkan lebih yakni menjadi wadah membangun komunitas, Kamis (7/7/2022) - Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di Area Perpustakaan Gedung Panjang Kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/6/2022).

Anies berharap perpustakaan tersebut tidak sekadar menjadi tempat disimpannya buku-buku, tetapi juga untuk menjadi wadah untuk membangun komunitas.

"Ini salah satu janji yang kami eksplisitkan dari 23 janji yang kami bawa, salah satunya peresmian Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi HB Jassin. Tempat ini harus membangun komunitas bukan sekedar kumpulan buku-buku," kata Anies di Area Perpustakaan Gedung Panjang Kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2022).

Anies menilai bahwa perpustakaan masa kini berbeda dengan zaman dahulu. Menurutnya, perpustakaan saat ini juga dapat menjadi co-working space karena dipenuhi dengan akses web digital, tempat berkarya, dan tempat belajar.

"Ini future of library [perpustakaan masa depan], kami berharap ini menjadi cermin perpustakaan. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Kamis 7 Juli 2022, Perpustakaan Jakarta Dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin resmi dibuka," ujar Anies.

Adapun, Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di Area Perpustakaan Gedung Panjang memiliki wajah baru yang esetetis. Melansir laman PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gedung Panjang sendiri didesain oleh Andra Martin, seorang arsitek yang dikenal lewat karya-karya desain bangunan unik dan estetis. 

Dikabarkan, bangunan fisik gedung merupakan penggambaran inspirasi dari lagu Ismail Marzuki, Rayuan Pulau Kelapa. Gedung Panjang memanjang di lahan yang dulu jadi pusat kuliner TIM.

Bangunan tersebut terdiri dari 14 lantai yang tampak berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi konvensional. Selain itu, terdapat pula elemen motif tumpal dari batik Betawi pada bangunan.

Fasilitas di Gedung Panjang sendiri terdiri dari Galeri Seni, Perpustakaan Umum, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Ruang Diskusi Komite Seni, dan Wisma Seni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan taman ismail marzuki perpustakaan
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top