Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teriakan Anies Presiden Muncul di Sela Aksi Buruh Tolak Penurunan UMP Jakarta

Di tengah orasi penolakan penurunan UMP Jakarta, para buruh mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  13:33 WIB
Teriakan Anies Presiden Muncul di Sela Aksi Buruh Tolak Penurunan UMP Jakarta
Di tengah orasi penolakan penurunan UMP Jakarta, para buruh mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ilustrasi demo buruh. Bisnis - Suselo Jati
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Massa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengajukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta 2022, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat Rabu (20/7/2022).

Ratusan massa buruh tersebut berasal dari KSPI Jakarta, Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Mereka optimistis Anies berada di pihak buruh sehingga dukungan pengajuan banding soal UMP Jakarta berlanjut ke Pilpres 2024.

"Enggak perlu takut pak Anies, datang dan lakukan gugatan. Perda DKI [Perwakilan Daerah KSPI DKI terus mendukung pak Anies sampai pak Anies jadi Presiden," kata Ketua DPD Serikat Pekerja Nasional (SPN) Provinsi DKI M. Andre Nasrullah di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Dalam pantauan Bisnis, massa mulai berdatangan ke Balai Kota sejak pukul 10.25 WIB di Balai Kota DKI Jakarta.

Mereka menolak putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2022 yang semula naik 5,1 persen sebesar Rp4.641.854 diturunkan menjadi Rp4.573.845 pada 12 Juli kemarin.

Serikat Buruh juga meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan banding terkait hal tersebut. Sayangnya, sang gubernur tidak datang menemui para Serikat Buruh di depan Balai Kota.

Meskipun demikian, Ketua Perda KSPI DKI Jakarta Winarso mengungkap pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan melakukan audiensi dengan para buruh.

"Kalau dari Pemprov hasil dari komunikasi kami adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan mungkin dari kesbangpol [Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta] kita akan diterima kita akan beraudiensi kita akan sampaikan apa keluh kesah kita dan harapan kita," kata Winarso.

Adapun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum mengambil sikap terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yang semula naik 5,1 persen sebesar Rp4.641.854 diturunkan menjadi Rp4.573.845.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya masih mengevaluasi terkait banding ke PTUN.

"Kita banding atau tidak kita terus rapat dan mengevaluasi kan masih tanggal 29 kita akan evaluasi dengan pihak terkait," kata Riza Patria di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (19/7/2022) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ump dki jakarta buruh demonstrasi Anies Baswedan PTUN Pilpres 2024
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top