Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Baswedan: 30 Persen Toko Buku dan Perpustakaan Ada di Jakarta

Anies Baswedan menyampaikan Jakarta diharapkan mampu menjadi pusat literasi di tingkat nasional melalui hadirnya Taman Literasi Christina Martha Tiahahu.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 September 2022  |  14:33 WIB
Anies Baswedan: 30 Persen Toko Buku dan Perpustakaan Ada di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal pertemuannya dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (19/9/2022). JIBI - Bisnis/Pernita Hestin Untari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa DKI Jakarta diharapkan mampu menjadi pusat literasi di tingkat nasional dan internasional melalui hadirnya Taman Literasi Christina Martha Tiahahu.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu berharap seluruh lapisan masyarakat agar berkumpul untuk berdiskusi, bertukar pikiran hingga membedah buku menarik demi meningkatkan pengetahuan.

"Taman ini hadir dengan buku-buku, banyak penerbit, penulis sehingga setiap pegiat harus bergiliran diiundang ke sini biarkan mereka berbicara tentang karyanya. Inilah gagasan dibalik adanya taman literasi," katanya saat meresmikan taman di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Menurut Anies, Jakarta merupakan pusat literasi terlengkap di Indonesia. Hal tersebut dapat dipastikan dengan adanya 5.428 penerbit buku bonafit lahir dan besar di Jakarta.

Tidak hanya itu, dia menyebut bahwa 30 persen toko buku dan perpustakaan besar di Indonesia berdiri di Ibu Kota.

"Pengunjung perpustakaan kita itu sampai 4,5 juta dari seluruh perpustakaan 5.600 perpustakaan di Jakarta," ujarnya.

Berdasarkan data tersebut, Anies berharap fasilitas taman ini bisa menjadi wadah para pembaca untuk menuntaskan rasa haus akan pengetahuan dan berbagai buku.

Dia melanjutkan, taman tersebut dipilih dengan sengaja dibangun di tengah kawasan Blok M agar mudah diakses masyarakat sehingga warga diharapkan dapat menggunakan MRT atau Bus Transjakarta untuk mengakses taman literasi tersebut setelah turun di stasiun MRT BCA Blok M atau melalui stasiun Blok M.

Sekadar informasi, taman ini dibangun oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Mass Rapid Transit (MRT) dan dikelola oleh anak perusahaannya yakni PT Integritas Transit Jakarta (ITJ).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan gubernur dki literasi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top