Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki: Jaga Kebersihan Sungai Ciliwung, Jadi Barometer Nasional

Menteri PUPR mengatakan bahwa meliharaan Sungai Ciliwung merupakan prioritas agar bisa menjadi barometer untuk pemeliharaan sungai-sungai di Indonesia.
Menteri Basuki: Jaga Kebersihan Sungai Ciliwung, Jadi Barometer Nasional / PUPR
Menteri Basuki: Jaga Kebersihan Sungai Ciliwung, Jadi Barometer Nasional / PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak warga DKI Jakarta untuk terus menjaga kebersihan Sungai Ciliwung, sehingga dapat menjadi barometer sungai di tengah kota yang bersih dan indah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Basuki bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Festival Dayung Ciliwung yang digelar oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersamaan dengan acara rutin Car Free Day di sekitar Dukuh Atas, Sudirman, Minggu pagi (4/12/2022). 

"Pemeliharaan Sungai Ciliwung ini merupakan prioritas kita agar bisa menjadi barometer untuk pemeliharaan sungai-sungai di Indonesia yang bersih dan indah. Dengan demikian bisa dicontoh oleh kota-kota besar lain yang juga memiliki sungai-sungai seperti Bandung dengan Sungai Citarum, Semarang dengan Kali Garang, Surabaya dengan Kali Brantas dan Kali Mas serta Medan dengan Sungai Deli," kata Menteri Basuki melalui keterangan resmi, Minggu (4/12/2022).

Lebih lanjut, Menteri Basuki mengatakan bahwa Festival Dayung Ciliwung digelar sebagai rangkaian pra-Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung 2022 sekaligus sarana promosi dan publikasi kepada masyarakat di tepian Kali Ciliwung saat Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

"Tim Dayung Indonesia baru saja mendapatkan 11 emas dari para atlet dayung di kejuaraan Asian Dragon Boat di Thailand. Selanjutnya kita akan bersiap menyambut Asian Games 2023 dan Kejurnas pada 2023," kata Menteri Basuki yang juga Ketua Umum PB PODSI.

Ditambahkan Menteri Basuki, nantinya sejumlah acara akan digelar di kawasan Sungai Ciliwung.

"Salah satunya tadi ide dari Pak Pj Gubernur, tahun depan rencananya kita akan coba selenggarakan lomba hias getek. Tujuannya hanya satu kita pelihara Ciliwung dengan baik agar semakin cantik," ujarnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai untuk menjaga kondisi sungai.

"Kami bersama Menteri PUPR mengingatkan bahwa Sungai Ciliwung ini aset kita bersama yang harus dijaga. Kita harus cinta sungai, cinta Kali Ciliwung," pesannya.

Festival Dayung Ciliwung dibuka Ketum PODSI yang juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan melepas iring-iringan perahu Festival Dayung Ciliwung dari ruas depan Rusun Pasar Rumput hingga tiba di garis finish di dermaga BNI Airport.

Festival ini diikuti sebanyak 75 perahu dengan kru sebanyak 140 atlet nasional. Festival Dayung Ciliwung 2022 juga diramaikan dengan pentas musik dan berbagai permainan menarik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper