Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua DPRD DKI Batal Jadi Panitia Formula E: Jakpro Kurang Etis!

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi batal jadi panitia Formula E. Jakpro dinilai tidak etis.
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. JIBI/Bisnis-Aziz Rahardyan
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. JIBI/Bisnis-Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi batal menjadi jajaran kepanitiaan pengawas atau steering committee (SC) Formula E Jakarta 2023.

Prasetio menjelaskan, sibuk dan fokus pada pekerjaan sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta merupakan alasan utama dirinya batal jadi steering committee. Formula E sendiri akan berlangsung pada 3-4 Juni mendatang.

"Memang saya sibuk, pekerjaan di DPRD DKI padat. Sebentar lagi kita sudah harus membahas APBD Perubahan tahun 2023 yang harus tepat waktu," ujarnya dalam keterangan, Kamis (2/3/2023).

Prasetio menambahkan bahwa dirinya saat ini terus menggenjot sinergi dan koordinasi bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengakselerasi penuntasan masalah proritas yang dihadapi di Jakarta. Seperti banjir dan kemacetan.

"Selain itu saat ini kita juga sedang berjuang menjaga ketahanan pangan untuk siap menghadapi ancaman resesi ekonomi, ini kan perlu kerja-kerja nyata," ungkap nya.

Tidak Etis

Di lain pihak, Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai PT Jakarta Propertindo (Jakpro) kurang etis menggandeng Prasetio Edi Marsudi menjadi salah satu pantia di ajang balap Formula E tersebut.

“Ketika menggandeng Prasetio yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta, artinya ini akan melunturkan fungsi Prasetio sebagai Ketua Dewan dan fungsi pengawasannya,” jelas Gembong.

Dinsinyalir, digandengnya Prasetio menjadi salah satu panitia di Formula E untuk memudahkan jalannya acara. Meskipun demikian, Gembong menegaskan bahwa DPRD DKI mendukung Formual E 2023 asalkan tidak menggunakan dana dari APBD.

“Kami tidak akan menolak, bahkan kami akan memberikan dukungan ketika tidak menggunakan APBD. Ketika tidak menggunakan APBD maka kita tidak akan mengkritisi acara tersebut,” jelasnya.

Susunan Panitia

Sebagaimana diketahui, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi hingga anak mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution masuk dalam jajaran panitia Formula E Jakarta 2023.

VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo atau Jakpro Syachrial Syarif, Rabu (1/3/2023), mengatakan kepengurusan panitia Jakarta E-Prix 2023 terdiri dari Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC).

Secara rinci, Ketua Steering Committee akan dijabat Bambang Soesatyo. Advisors diisi oleh Bobby Nasution, Prasetyo Edi Marsudi, Ahmad Syahroni, Ricardo Galael, Tinton Soeprapto, dan Anondo Eko.

Prasetyo adalah kader PDIP. Dia beberapa kali mengkritik pelaksanaan Formula E tahun 2022 yang digelar pada era Gubernur Anies Baswedan.

Sementara, Bobby Nasution adalah menantu Jokowi yang kini menjabat Wali Kota Medan Sumatra Utara.

Adapun Ketua Organizing Committee akan dijabat oleh Ananda Mikola, sedangkan Wakil Ketua akan diisi oleh Akbar Himawan Buchari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper