Jakarta Absen dari Agenda Formula E 2024

Jakarta dipastikan absen untuk melangsungkan ajang balap kejuaraan Formula E Jakarta 2024.
Sejumlah pembalap melaju dalam sesi latihan bebas kedua balapan Formula E 2023 Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (3/6/2023). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Sejumlah pembalap melaju dalam sesi latihan bebas kedua balapan Formula E 2023 Jakarta di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (3/6/2023). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.

Bisnis.com, JAKARTA – Jakarta tidak masuk dalam agenda kejuaraan olahraga otomotif mobil kursi tunggal yang menggunakan mobil listrik atau Formula E pada 2024 mendatang.

Berdasarkan laman resminya, Formula E telah mengonfirmasi bahwa pada musim 2024 hanya akan berlangsung di 11 kota, tanpa melangsungkan agenda balap di DKI Jakarta.

Padahal, pada Juni 2023, Ibu Kota Negara Indonesia itu telah dua musim menggelar balap mobil formula bertenaga listrik Formula E.

CEO Formula E Jeff Dodds menyebutkan bahwa pada musim depan, Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim ke-10 akan dimulai di Mexico City pada Sabtu (13/1/2024).

“Formula E menghadirkan balap jalanan lebih baik dari siapa pun, dan kalender Musim 10 terakhir kami menghadirkan tantangan utama bagi tim dan pembalap di tahun kedua mobil balap GEN3 dengan perpaduan sempurna antara mobil jalanan yang ikonik,” ujarnya melalui laman resminya, Kamis (23/11/2023).

Tak hanya itu, Formula E akan membuat sejarah tahun depan sebagai kejuaraan dunia motorsport pertama yang digelar di Tokyo, tepatnya di jalan sekitar pusat konvensi Tokyo Big Sight di tepi pantai Teluk Tokyo.

Jeff meyakini bahwa Formula E akan membuat sejarah, sebab mereka dan Pemerintah Metropolitan Tokyo telah bekerja sama untuk menyelenggarakan balapan di kota tersebut guna mendukung inisiatif Zero Emission Vehicle (ZEV), yang merupakan bagian dari strategi Zero Emission Tokyo. 

Mengingat, kota ini memiliki rencana aksi iklim yang bertujuan untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada 2050.

Selain itu, Formula E juga telah mengonfirmasi kalender penuh untuk Musim 10 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA dengan Sirkuit Dunia Misano, Italia sebagai tuan rumah balapan Formula E untuk pertama kalinya.

Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pun telah menyetujui penambahan Misano ke dalam jadwal Formula E, menjadikannya venue baru ketiga selain Tokyo dan Shanghai.

Jalur Misano terletak dekat dengan resor pantai Rimini di kawasan bersejarah Emilia-Romagna di pantai Adriatik utara. Ini adalah tempat populer di Kejuaraan Dunia MotoGP dan sirkuit kandang pembalap legendaris Valentino Rossi. Formula E akan balapan di Misano pada Sabtu (13/4/2023) dan Minggu (14/4/2023).

Tak hanya itu, Formula E juga akan balapan untuk pertama kalinya di Shanghai di Sirkuit Internasional Shanghai dengan balapan double-header pada Sabtu (25/5/2024) dan Minggu (26/5/2024).

Berikut ini kalender balap Formula E 2024:

Mexico City: 13 Januari

Diriyah, Arab Saudi: 26-27 Januari

Hyderabad, India: 10 Februari

Sao Paulo, Brazil: 16 Maret

Tokyo, Jepang: 30 Maret

Misano, Italia: 13-14 April

Monaco: 27 April

Berlin, Jerman: 11-12 Mei

Shanghai, China: 25-26 Mei

Portland, Amerika Serikat: 29-30 Juni

London, Inggris Raya: 20-21 Juli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper