Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pilkada DKI, Pengamat Sebut Jakarta Jadi Magnet dan Batu Loncatan

Pengamat Politik Usep S Ahyar mengatakan semua politisi berani bertarung untuk posisi pemimpin DKI Jakarta, karena Jakarta adalah 'magnet' Indonesia.
Air mancur di Balai Kota DKI Jakarta/Istimewa
Air mancur di Balai Kota DKI Jakarta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pengamat Politik Usep S Ahyar mengatakan bahwa Jakarta menjadi 'magnet' atau daerah dengan daya tarik paling kuat bagi figur politisi andal dari berbagai partai. 

Menurutnya, Jakarta menjadi magnet lantaran menjadi daerah dengan perputaran ekonomi paling tinggi, APBD terbesar, dan menjadi ikon Indonesia. Oleh karena itu, jelasnya, semua politisi berani bertarung untuk posisi pemimpin DKI Jakarta.  

"Secara pemerintahan, Jakarta itu juga berbeda kan dengan provinsi-provinsi lain ya. Jadi Gubernur itu relatif lebih efektif gitu dibandingkan Gubernur lain di luar Jakarta," ucapnya, saat dihubungi Bisnis, Rabu (28/2/2024).

Selain itu, Usep mengatakan Jakarta menjadi sorotan dan biasanya akan menjadi batu loncatan untuk menduduki posisi lebih tinggi di kancah nasional. Untuk itu, dia meyakini banyak figur yang berminat untuk bertarung di Pilkada Jakarta karena memang menjadi barometer politik nasional.

"Jadi Jakarta bisa jadi barometer, saya kira di perpolitikan nasional begitu. Maka magnet untuk menarik orang-orang untuk bertarung ya memimpin di Jakarta itu tinggi dan calon-calonnya banyak ya," lanjutnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni menjadi sejumlah nama politisi yang diwacanakan akan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

"Sebenarnya tidak hanya dua nama itu yang mungkin. Jadi gini ya saya kira nama-nama yang muncul itu sebagai tokoh dan belum jelas pengusungnya mungkin ini kan lagi penjajakan semua," katanya. 

Menurutnya, ada dua nama dari Partai Golongan Karya (Golkar) yaitu Ridwan Kamil dan Ahmad Zaki yang tengah dipersiapkan bertarung di Pilgub DKI 2024. Lalu dari Partai Gerindra ada Ahmad Riza Patria, kemudian Ahmad Sahroni dari Partai Nasdem. 

"Dari Golkar bahkan ada dua seperti Kang Emil sama Ahmad Zaki, lalu kemudian ada Sahroni dari Nasdem. Lalu kemudian juga yang digadang-gadangkan ada Ahmad Riza Patria juga dari Gerindra, ada dengar-dengar juga ya mungkin Sandiaga, mungkin juga Anies, mungkin juga Ganjar, bisa saja mereka bertarung di Jakarta," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper