Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebijakan 3-in-1 tak Efektif, Ahok: Itu Akan Dihapus

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai penerapan kebijakan kawasan berpenumpang tiga orang (3-in-1) sudah tidak lagi efektif dalam mengatasi kemacetan di ibu kota.
Kemacetan di DKI/Bisnis.com
Kemacetan di DKI/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai penerapan kebijakan kawasan berpenumpang tiga orang (3-in-1) sudah tidak lagi efektif dalam mengatasi kemacetan di ibu kota.

"Saat ini, kebijakan 3-in-1 sudah tidak efektif lagi untuk mengantisipasi kemacetan. Kita sudah lakukan survei kok. Makanya, saya pikir lebih baik kebijakan itu dihapus saja," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, saat ini sudah waktunya menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor pribadi dengan sistem elektronik.

"Karena 3-in-1 itu sudah tidak efektif lagi, kita ingin mengganti kebijakan itu dengan segera menerapkan sistem jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP)," ujar Ahok.

Sementara itu, senada dengan Ahok, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono juga menuturkan 3-in-1 tidak efektif lagi, sehingga harus diganti dengan sistem ERP.

"Kita memang inginnya sistem ERP itu segera diberlakukan, akan tetapi, kita masih belum menentukan kapan dan bagaimana sistem elektronik itu akan diterapkan," tutur Pristono.

Dia mengungkapkan salah satu kelemahan kebijakan 3-in-1, yakni masih mengandalkan orang, atau lebih tepatnya mata petugas, sedangkan sistem ERP bekerja secara elektronik dan otomatis.

Jika ERP diberlakukan, sambung dia, maka penerapannya pertama kali akan dilakukan di kawasan pusat atau tengah Jakarta. Setelah itu, baru diterapkan di wilayah lain.

"ERP ini harus diterapkan di tengah dulu karena transportasi umumnya sudah kuat, armadanya banyak. Sedangkan, kalau di wilayah lain, di pinggir-pinggir, kita harus tunggu sampai transportasi umumnya kuat dulu," tambah dia. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper