Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembongkaran Kalijodo: Razman Pertanyakan Daya Tampung Rusun Marunda

Pembongkaran Kalijodo: Razman Pertanyakan Daya Tampung Rusun
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kuasa hukum warga Kalijodo, Razman Arif Nasution, khawatir jika rumah susun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara kapasitasnya tidak cukup untuk menampung keluarga dari kawasan hiburan malam Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Pertanyaan saya, yang punya kartu keluarga sekitar 1.300 kemudian jumlah warganya di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat bisa mencapai 8.000 orang, terus rumah susunnya bisa menampung berapa?" kata Razman Arif Nasution di Kalijodo, Jakarta Utara, Senin.

Menurut data posko terdapat 1.340 keluarga yang berada di Kalijodo, dan hingga siang ini baru 95 keluarga yang diberangkatkan ke Rumah Susun Marunda.

Razman mendesak adanya dialog antara pemerintah dengan warga karena tidak semua kepala keluarga mendapatkan hak relokasi karena untuk mendapatkan rumah susun di Marunda harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta, Kartu Keluarga, dan Pajak Bumi dan Bangunan,

"Bagaimana sistemnya? Saya tidak mengerti. Baru kali ini di Indonesia ada penggusuran tanpa dialog," kata Razman.

Razman mengingatkan Pemprov DKI Jakarta bahwa penertiban lokalisasi Doli di Surabaya, Jawa Timur, memerlukan waktu hingga dua tahun, bukan dalam hitungan minggu.

"Ia (Risma) butuh dua tahun untuk Doli," kata Razman.

Berdasarkan pengamatan, tidak banyak aktivias warga Kalijodo sementara anggota kepolisian masih berjaga di beberapa titik menyusul rencana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), untuk menertibkan bangunan ilegal pada lahan milik negara menjadi ruang terbuka hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper