Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Bencana di Jakarta, Pantai Utara Jakarta Bisa Alami Tsunami

Pantai Utara Jakarta berpotensi mengalami tsunami dengan ketinggian tertentu. Demikian disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tsunami dengan ketinggian tertentu berpotensi terjadi di Pantai Utara Jakarta.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan potensi tsunami tersebut menjadi ancaman bagi warga Ibu kota.

"Selain ancaman tsunami wilayah tersebut juga sering mengalami pasang air laut serta banjir kiriman dari hulu," kata dia pada Rakorbangnas BMKG 2019 di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Dwikorita menjelaskan bahwa di wilayah Indonesia yang rawan bencana bahkan dapat bersinergi dengan berbagai bencana. Ia mencontohkan fenomena yang terjadi pada tsunami di Selat Sunda. Mulai dari pasang air laut, gelombang tinggi, serta akibat longsoran Gunung Anak Krakatau terjadi bersamaan sehingga berdampak hebat pada wilayah yang terkena tsunami.

"Sebenarnya tiga hari sebelumnya kita sudah mengeluarkan peringatan dini gelombang pasang, tapi karena terjadinya sinergi berbagai bencana maka terjadi tsunami. Jadi ada bencana yang bisa diprediksi dan ada yang tidak bisa diprediksi," kata Dwikorita.

Oleh karena fenomena terkini dan kejadian dari berbagai bencana bersamaan itulah, menurut dia, pentingnya sinergi antarlembaga dan adanya kebijakan satu observasi.

"Karena bencana itu tidak tahu kapan akan terjadi. BMKG sendiri sudah bersinergi dengan antarlembaga namun data yang ada belum bersinergi, maka itu dilakukan rakorbangnas ini," kata Dwikorita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper