Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indef Perkirakan Inflasi di DKI Melesat ke Angka 0,5 Persen

Pemerintah perlu mewaspadai tekanan inflasi, karena musim hujan yang membuat pasokan bahan pangan ke Jakarta terganggu.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  08:07 WIB
Pedagang menata sayuran yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). -  ANTARA / Sigid Kurniawan
Pedagang menata sayuran yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). - ANTARA / Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk waspada terkait tekanan inflasi akibat musim hujan dan potensi banjir.

“Pemerintah perlu mewaspadai tekanan inflasi, karena musim hujan yang membuat pasokan bahan pangan ke Jakarta terganggu. Apalagi kalau sampai Jakarta banjir. Jika Jakarta lumpuh total seperti Januari 2020 lalu maka imbas ke inflasi bisa 0,1 sampai 0,5 persen,” kata Bhima melalui pesan tertulis pada Jumat (2/10/2020).

Kendati demikian, dia mengatakan, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak begitu berpengaruh terhadap tingkat inflasi DKI Jakarta pada September 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta Buyung Airlangga mengatakan inflasi DKI tercatat sebesar 0,02 persen pada September 2020.

“Bila dibandingkan dari Agustus sampai september 2020 inflasi di DKI 0,02 persen, kalau kita lihat dari bulan Desember 2019 sampai September 2020 atau C to C inflasi di DKI Jakarta sebesar 1,05 persen,” kata Buyung saat memaparkan rilis Data Inflasi DKI Jakarta melalui keterangan resmi virtual pada Kamis (1/10/2020).

Secara year on year (yoy) atau inflasi tahun ke tahun, dia mengatakan, DKI Jakarta mencatat angka di kisaran 1,76 persen.

Data inflasi milik DKI Jakarta itu juga turut memengaruhi tingkat inflasi di Depok sebesar 0,02 persen dan Bogor dengan inflasi sebesar 0,11 persen.

“Tetapi kota lain seperti Tangerang mengalami deflasi sebesar 0,07 persen dan Bekasi deflasi sebesar 0,03 persen,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi Pemprov DKI indef
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top