Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Temuan 2 Kasus Mutasi B117, Wagub DKI: Kewenangan Pintu Masuk di Pusat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pintu keberangkatan dan kedatangan luar negeri itu sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  15:40 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua DPD Partai Gerindra DKI, Ahmad Riza Patria. - Antara
Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua DPD Partai Gerindra DKI, Ahmad Riza Patria. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyinggung pintu keberangkatan dan kedatangan luar negeri terkait temuan dua mutasi Covid-19 B117 yang berasal dari Inggris di Tanah Air pada Senin (1/3/2021) malam.

Adapun pintu keberangkatan dan kedatangan luar negeri itu sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat yang menaungi operasi bandar udara dan pelabuhan.

“Itu menjadi kewenangan dan otoritas pemerintah pusat, tentu kita percaya pemerintah pusat apakah Pelindo atau Angkasa Pura sudah menyediakan mekanisme, aturan dan SOP terkait strategi pencegahan di pintu masuk,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Berdasarkan koordinasi teranyar dengan pemerintah pusat, Ariza menuturkan, pihaknya baru menerima laporan dua mutasi B117 tersebut. Dia mengaku Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus bersinergi dengan pusat untuk mengantisipasi potensi penyebaran B117 di wilayah Ibu Kota.

“Dinkes DKI juga terus berkoordinasi dengan Satgas pusat kami juga dengan pemerintah pusat mudah-mudahan kita bisa atasi virus baru ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Pendapat itu disampaikan Dante setelah pemerintah mengidentifikasi dua mutasi Covid-19 B117 yang berasal dari Inggris di Tanah Air pada Senin (1/3/2021) malam.

“Artinya apa? Kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat keseriusan yang semakin berat,” kata Dante dalam peringatan satu tahun pandemi Covid-19 secara semi virtual pada Selasa (2/3/2021).

Adapun temuan mutasi itu berasal dari laporan pemeriksaan terhadap 462 Whole Genome Sequence (WGS) virus SARS-CoV-2 yang berasal dari Indonesia yang telah dikirimkan ke GISAID untuk diteliti data genetik virus tersebut.

“Ini membuat tantangan baru ke depan untuk mengembangkan riset yang lebih cepat, model-model penanganan yang lebih baik, studi epidemiologi secara analitis karena proses mutasi ini sudah ada di sektiar kita,” tuturnya.

Laporan Dante itu sekaligus menjadi titik balik dari peringatan satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret tahun lalu. Saat itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan ke publik terkait kasus 01 dan 02 di Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemprov DKI Virus Corona Covid-19 Ahmad Riza Patria
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top