Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polemik Sirkuit Formula E: Gagal di Monas, Dipilihlah Ancol

Polemik lokasi sirkuit Formula E muncul karena Monas gagal dijadikan sebagai lokasi balapan.
Rahmad Fauzan & Akbar Evandio
Rahmad Fauzan & Akbar Evandio - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  06:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan batik biru) melihat mobil listrik di lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. ANTARA/HO-Instagram - @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan batik biru) melihat mobil listrik di lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. ANTARA/HO-Instagram - @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA — Kawasan Ancol resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022. Penunjukan Ancol mengakhiri spekulasi soal lokasi ajang balap Formula E.

Seperti diketahui, usai ribut soal interpelasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap dipusingkan dengan lokasi Formula E. Persoalan itu muncul, karena kawasan Monas yang sebelumnya disiapkan tak jadi digunakan untuk ajang tersebut.

Padahal, seperti banyak diberitakan, pada tahun 2019 lalu kawasan Monas sempat dirombak oleh Pemprov DKI. Bahkan pohon di kawasan Monas yang kini berubah menjadi identitas DKI Jakarta, sebagian telah ditebang. Kasus itu sempat ramai dan mendapat sorotan dari DPRD DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pelaksanan Formula E Ahmad Sahroni mengatakan, keputusan pemilihan lokasi tersebut telah dikaji secara matang oleh FEO dan FIA dari sejumlah lokasi yang menjadi kandidat sirkuit sampai akhirnya dipilihlah Ancol sebagai lokasi balap.

"Dari akhir 2 lembaga tersebut (FIA dan FEO) baru tadi pagi diberikan approved sirkuit pegelaran Formula E di Jakarta di Ancol," katanya kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Dia menjelaskan, Ancol ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E lantaran dinilai menjadi lokasi yang dinamis. 

Bisnis telah merangkum sejumlah polemik soal penentuan lokasi Formula E, berikut daftarnya:

1 dari 5 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ancol Formula E
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top