Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sederet Aturan yang Diduga Dilanggar Pemain Sepatu Roda di Jalanan Jakarta

Pemain sepatu roda yang sempat viral di media sosial disebut melanggar sejumlah aturan berikut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  08:49 WIB
Viral sekelompok orang berlatih inline skate di jalanan Jakarta - Media sosial
Viral sekelompok orang berlatih inline skate di jalanan Jakarta - Media sosial

Bisnis.com, SOLO - Para pemain sepatu roda yang melintas di tengah jalan Gatot Subroto pada Minggu (8/5/2022), diduga melanggar sejumlah aturan.

Kepala Subdirekorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Jamal Alam mengatakan, para pemain sepatu roda melanggar peraturan perundang-undangan yaitu UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

"Jelas kegiatan roller skate sangat membahayakan keselamatan baik pengguna jalan ataupun pemain roller skate tersebut karena dilakukan di jalan raya yang dipergunakan untuk lalu lintas publik," katanya dikutip dari Antara, Senin.

Adapun aturan lain yang dilanggar dalam kejadian tersebut, yakni PP No.34 tahun 2006 tentang jalan yang berbunyi "setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan."

Kemudian menurut Perkap Kapolri No.10 tahun 2012 tentang pengaturan lalu lintas, penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas, yang berpotensi mengganggu kegiatan lalu lintas, harus mendapatkan izin dari kepolisian.

Dari segi keselamatan, ada beberapa yang menjadi perhatian serius pihak kepolisian. Yakni kegiatan di tengah lajur dengan kecepatan yang cukup tinggi, serta adanya perbedaan kecepatan lalu lintas yang signifikan antara pergerakan rombongan pesepatu roda dengan laju kendaraan bermotor.

Aspek keselamatan kedua yang juga menjadi perhatian adalah kegiatan itu melibatkan anak-anak di ruang lalu lintas kendaraan bermotor dengan berbagai kendaraan bahkan menggunakan lajur tengah.

Dari masalah ini, kepolisian mengimbau agar pengguna roller skate beraktivitas di arena atau lokasi yang memang sesuai peruntukkan seperti Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) di Kawasan Sunter, Jakarta Utara atau tempat lainnya yang sifatnya berupa jalan lokal dalam kawasan khusus yang bukan jalan raya pada umumnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta dki jakarta Sepatu Roda

Sumber : Antara

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top