Komisi D DPRD DKI Jakarta Cecar Dinas SDA Soal Proyek Sungai Ciliwung

DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh mempertanyakan pertangggung jawaban proyek Sungai Ciliwung terhadap Dinas SDA.
Perumahan di sekitar Kali Ciliwung Jakarta./Istimewa
Perumahan di sekitar Kali Ciliwung Jakarta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi D DPRD DKI Jakarta mencecar Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal terkait proyek sungai Ciliwung yang dinilai mangkrak. 

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh mempertanyakan pertangggung jawaban proyek Sungai Ciliwung terhadap Dinas SDA.

“Saya minta keterangan sedikit saja mengenai Sodetan Ciliwung. Ini kan digembor-gemborkan, katanya mangkrak nih di SDA. Sodetan ini tanggung jawab pusat atau kita? dan mangkraknya di mana?,” ujar Nova dalam rapat Komisis D DPRD DKI Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Menanggapi hal tersebut, Yusmada menjawab pembebasan lahan Sodetan Ciliwung yang memiliki panjang 1,2 kilo dilakukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menurut dia, dalam pembebasan lahan ada proses namanya pra perencanaan yang berujung pada penentuan lokasi (Penlok).

“Jadi peran kita ada di pra perencanaan yang berujung pada penlok. Dari sini Gubernur membentuk panitia persiapan pengadaan lahan. Penloknya itulah yang ditandatandatangani oleh gubernur,” jelas dia.

Di sisi lain berdasarkan catatan Bisnis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan sodetan Kali Ciliwung akan rampung pada April 2024. Pembangunan sodetan Kali Ciliwung merupakan salah satu upaya pengendalian banjir di DKI Jakarta.

“April selesai, tadi baru ditengok kita liat terowongannya ke dalam, apa tunnel-nya sudah bergerak lagi, optimistis rampung, mari liat nanti pada April,” ucapnya.

Untuk diketahui, Jokowi melakukan peninjauan yang dilakukan di Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur. Peninjauan dilakukan di tiga titik Jalan Otista (inlet Kali Ciliwung), Jalan Otista III (arriving shaft/titik pertemuan), dan KBT sisi belakang kampus Trisakti (outlet).

Kepala Negara pun mengaku bahwa proyek soderan Ciliwung ini termasuk proyek paling alot dalam pembebasan lahannya, bahkan meskipun telah berganti berbagai Gubernur di DKI Jakarta belum ada perkembangan berarti dari proyek ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper