Urai Kemacetan di Jakarta, Dishub DKI Mulai Terapkan Teknologi AI Google

Dari data tersebut, pihak Google memanfaatkan basis data internal mereka, yang kemudian diberikan kepada Dishub DKI melalui digital dashboard.
Antrean mobil terjebak kemacetan di jalan tol dalam kota di Jakarta, Senin (6/3)./JIBI-Nurul Hidayat
Antrean mobil terjebak kemacetan di jalan tol dalam kota di Jakarta, Senin (6/3)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah memulai penerapan teknologi artificial intelligence (AI) di beberapa titik di Kota Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kerjasama dengan Google sampai saat ini masih berproses, di mana Pemprov DKI memanfaatkan teknologi AI Google yang ditempatkan di sejumlah titik.

Dari teknologi tersebut, Syafrin menjelaskan, Google melakukan simulasi, dan diharapkan bisa memberikan efek positif dari sisi pengaturan traffic light di beberapa simpang.

“Sebagai contoh yang sudah dilakukan itu di Simpang Buaran, Jakarta Timur, dan ada di beberapa titik lainnya,” ujar Syafrin di Balaikota Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Sebagai informasi, Dishub DKI sebelumnya telah mengusulkan pemasangan teknologi tersebut di satu koridor, dimulai dari Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, Proklamasi, Pramuka, sampai ke Pemuda tetapi hasilnya tidak terlalu efektif.

“Kami sebelumnya sudah mengusulkan di satu koridor, tapi dari hasil analisis data rekan Google, di sana sepertinya kurang efektif. Artinya tidak akan bisa dilakukan pengaturan secara AI, sehingga dilakukan pemisahan,” jelasnya.

Syafrin menambahkan, dari data tersebut, pihak Google memanfaatkan basis data internal mereka, yang kemudian diberikan kepada Dishub DKI melalui digital dashboard.

“Nantinya dari digital dashboard kami melakukan resetting terkait dengan cycle time traffic di titik yang sudah diprogramkan,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper