Para Pencari Suaka Masih Tinggal di Sepanjang Trotoar Kebon Sirih

Para pencari suaka yang tinggal di sepanjang trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, hingga Rabu (10/7/2019) siang, sekitar pukul 12.00 WIB, masih berada di kawasan itu dan belum juga direlokasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  13:46 WIB
Para Pencari Suaka Masih Tinggal di Sepanjang Trotoar Kebon Sirih
Para pencari suaka beraktivitas di trotoar depan Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Para pencari suaka asal Somalia, Sudan dan Afganistan tersebut menetap di trotoar karena tak lagi memiliki uang untuk menyewa tempat tinggal dan ingin meminta pertolongan kepada United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Para pencari suaka yang tinggal di sepanjang trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, hingga Rabu (10/7/2019) siang, sekitar pukul 12.00 WIB, masih berada di kawasan itu dan belum juga direlokasi.

Mereka terlihat masih beraktivitas seperti biasa di tikar seadanya, bercengkerama, tiduran, sementara anak-anak tampak bermain.

Hamid, pencari suaka asal Afghanistan, mengaku sudah mendengar rencana pemindahan ke Islamic Centre, Jakarta Utara, namun belum tahu pasti waktunya.

"Sudah pasti (direlokasi), tapi kami masih menunggu," kata remaja yang lumayan fasih berbahasa Indonesia itu.

Hamid bersama para pencari suaka lainnya sudah sekitar dua minggu berada di trotoar Jalan Kebon Sirih, setelah beberapa tahun tinggal di kawasan Kalideres.

"Dari tahun 2013 kami di Indonesia. Kami mau ke negara mana saja, asalkan tidak kembali ke Afghanistan," katanya.

Senada, Ehsan, pencari suaka dari Afghanistan lainnya juga belum tahu kapan akan dipindah ke Islamic Centre, mereka hanya bisa menunggu.

"Mau dipindah ke Islamic Centre, belum tahu kapan," kata remaja yang juga cakap berbahasa Indonesia itu.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan ratusan pencari suaka itu akan direlokasi ke Islamic Centre, Jakarta Utara, Rabu  (10/7/2019) pagi.

Rencana relokasi itu disampaikannya saat meninjau lokasi pengungsian yang ditempati oleh sekitar 241 orang di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (9/7/2019) malam.

"Kami sebagai pemerintah daerah melihat manusia pakai tenda, apalagi di wilayah tempat perkantoran itu enggak baik. Jadi rencananya besok pagi kami akan pindahkan mereka ke Jakarta Islamic Centre," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Keputusan tersebut diambil setelah DPRD DKI Jakarta berdiskusi dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), para pengungsi dan pejabat eksekutif dari DKI Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dprd dki, afghanistan, pencari suaka, unhcr

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top