Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Sediakan Panti Sosial untuk Pencari Suaka di Kebon Sirih

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi meminta Pemprov DKI menyediakan tempat untuk puluhan pengungsi atau pencari suaka yang berada di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  07:30 WIB
Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Sediakan Panti Sosial untuk Pencari Suaka di Kebon Sirih
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi meninjau Kali Item di Jakarta Pusat, Rabu (1/8). - JIBI/Regi Yanuar

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi meminta Pemprov DKI menyediakan tempat untuk puluhan pengungsi atau pencari suaka yang berada di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Menurutnya, warga negara asing pencari suaka tersebut tidak layak karena tinggal sembarangan di trotoar jalan.

"Saya minta Pak Taufan dan Pak Satpol PP jangan sampai semena-mena dengan anak-anak ini. Siapkan tempat, kita kan banyak panti sosial yang baik dan layak. Ini permasalahan politis, bukan Pemda DKI tetapi negara," katanya saat meninjau pencari suaka di Jalan Kebon Sirih, Selasa malam (9/7/2019).

Pras, sapaan akrabnya, beberapa kali berbicara dengan pencari suaka. Ternyata, rata-rata mereka berasal dari negara yang tengah berperang atau negara konflik. Para pencari suaka tersebut sebenarnya tidak berencana untuk tinggal di Indonesia, tetapi ingin berangkat ke Australia.

Meski demikian, nasib puluhan orang pencari suaka tersebut terkatung-katung sehingga membuat mereka berkumpul di depan kantor UNHCR yang terletak di Jalan Kebon Sirih. Pras pun mengatakan akan bertemu dengan perwakilan UNHCR Indonesia untuk memastikan status para imigran tersebut.

"Saya minta ke Satpol PP dan Dinas Sosial untuk menindaklanjuti [keberadaan pencari suaka] karena ini nggak bagus. Mereka ini mengganggu semua fasilitas umum," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dprd dki, pencari suaka

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top