Perkiraan Cuaca Jabodetabek: Hati-Hati Hujan dan Petir

BMKG menerbitkan peringatan dini cuaca hujan hingga petir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
BMKG menerbitkan peringatan dini cuaca hujan hingga petir di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bisnis/Himawan L Nugraha
BMKG menerbitkan peringatan dini cuaca hujan hingga petir di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini cuaca buruk di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dilansir dari laman resmi lembaga itu, Sabtu (27/1/2024) dini hari, disebutkan bahwa warga di wilayah Jakarta Pusat dan Kepulaan Seribu diminta mewaspadai cuaca ekstrim hujan disertai kilat atau petir pada dini hari. Hal serupa juga diperkirakan akan terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore harinya.

Hujan ringan dan sedang serta berawan baik tebal diperkirakan akan memayungi wilayah-wilayah itu sepanjang Sabtu.

Adapun, wilayah Jakarta Barat, diperkirakan turun hujan sedang pada dini hari, kemudian berawan di pagi hari dan hujan ringan pada siang hari dan kembali berawan pada malam hari.  

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang hendak berplesiran ke daerah Bogor, termasuk Puncak, diharapkan untuk mewpaspadai hujan lebat disertai petir pada Sabtu siang. Kondisi serupa terjadi juga di Gadog, Cipanas hingga Cianjur.

Khusus di beberapa daraha Jawa Barat, BMKG juga memberikan peringatan dini potensi hujan disertai petir yang beriringan dengan peningkatan kecepatan angin dalam skala lokal pada waktu pagi hari menjelang siang hingga malam di beberapa wilayah.

Wilayah tersebut seperti Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Depok, Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, kemudian Kabupaten serta Kota Sukabumi. Hal yang sama juga diperkirakan terjadi di Kabupaten Sumedang, Cimahi, dan Bandung Barat.

Secara nasional, selain di Jakarta, hujan lebat atau hujan disertai petir juga tercatat bakal turun di daerah Bandung, Manado, Palembang, dan Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper