Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heru Budi Belum Berencana Bongkar Tiang Monorel yang Lama Mangkrak

Pj Gubernur DKI Heru Budi belum berencana membongkar tiang monorel yang terbengkalai lebih dari sedekade
Heru Budi Belum Berencana Bongkar Tiang Monorel yang Lama Mangkrak. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai menghadiri evalusi di  kinerja kepala daerah di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) / BISNIS - Nabil Syarifudin
Heru Budi Belum Berencana Bongkar Tiang Monorel yang Lama Mangkrak. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai menghadiri evalusi di kinerja kepala daerah di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) / BISNIS - Nabil Syarifudin

Bisnis.com, JAKARTA — Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono belum berencana membongkar tiang monorel yang mangkrak cukup lama. Namun, pemprov juga masih enggan melanjutkan proyek yang mangkrak sejak lebih dari sedekade itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sampai saat ini belum memikirkan untuk membenahi proyek tiang monorel yang sudah lama mangkrak tersebut. Hal ini disampaikan Heru saat dirinya menghadiri evaluasi kinerja kepala daerah di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Belum sih,” ujar Heru di Gedung Inspektorat Jenderal Kemendagri, Kamis (10/8/2023).

Heru pun belum berencana untuk mencabut tiang monorel tersebut yang tertanam di Jalan Asia-Afrika dan lokasi lainnya di Jakarta. 

“Belum kepikiran kesana,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, Ketua MPR Bambang Soesatyo sempat mengajak PT Jakarta monorel, pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan pemerintah pusat agar segera duduk bersama mencari jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan proyek pembangunan Jakarta monorel.

Pasalnya, proyek pembangunannya sudah direncanakan sejak lama dan masih mandek. Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, mencatat monorel dimulai pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat itu diresmikan pembangunannya bersama Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada 14 Juni 2004.

Adapun pada 2008, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyetop proyek tersebut. Kemudian Juni 2013, saat dipimpin Joko Widodo, pengerjaan proyek Jakarta monorel kembali dilanjutkan.

Bahkan, pada 3 Oktober 2013, PT Jakarta monorel sepakat bekerjasama dengan BUMN China, China Communication Construction Company Ltd (CCCC) untuk mengembangkan proyek Jakarta monorel.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden China Xi Jinping di Shangrila Hotel, Jakarta.

Sayangnya, proyek pembangunan kemudian terhenti kembali pada tahun 2014 saat DKI Jakarta dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Hingga berganti kepemimpinan kepada Gubernur Anies Baswedan, nasib pembangunan proyek Jakarta monorel juga belum mendapatkan titik terang sampai saat ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper