Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tahap 1 Cair Pekan Depan

Pemprov DKI memastikan bahwa  bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus Tahap 1/2024 akan cair pada minggu kedua Juni alias pekan depan.
Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Dok Biro Umum Pemprov DKI
Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Dok Biro Umum Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memastikan bahwa  bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus Tahap 1/2024 akan cair pada minggu kedua Juni alias pekan depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik DKI, Budi Awaluddin menjelaskan alasan keterlambatan distribusi KJP Plus tahap pertama ini. Menurut Budi, pihaknya perlu waktu untuk melakukan pemadanan dan verifikasi data penerima bantuan sosial tersebut di DKI Jakarta.

"Untuk memastikan penerima KJP Plus sesuai dengan persyaratan, perlu dilakukan verifikasi lapangan kembali. Tentunya masyarakat ingin melihat dan merasakan penerima KJP Plus tepat sasaran," katanya di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2024).

Menurutnya, penerima KJP Plus adalah warga yang kurang mampu ataupun warga rentan yang benar-benar membutuhkan dukungan pendidikan.

Penerima KJP Plus haruslah merupakan warga DKI Jakarta yang sesuai domisili, tidak memiliki kendaraan roda empat maupun aset properti di atas Rp1 miliar, serta tidak terdapat anggota keluarga yang berstatus sebagai PNS/TNI/Polri maupun pegawai tetap BUMN/BUMD.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa pembenahan data penerima KJP Plus sesuai kriteria itu masih terus dilakukan hingga saat ini, terutama dengan melibatkan tim verifikator di lapangan. 

"Program ini harus tepat sasaran, serta bantuan ini distribusinya harus lebih selektif kepada keluarga yang benar-benar membutuhkan dan terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Dari jenjang SD sampai SMA/sederajat, baik sekolah negeri maupun swasta, jika tergolong sebagai warga tidak mampu, maka berhak mendapatkan program ini," sambungnya.

Itu sebabnya, dia meminta masyarakat calon penerima tidak khawatir atas keterlambatan distribusi KJP Plus. Menurut Budi, pihaknya hanya ingin agar bantuan ini disalurkan secara tepat sasaran.

"Saya pastikan cair minggu ini. Kami hanya ingin menjaga dan memastikan anggaran yang diperuntukkan untuk warga tidak mampu ini tepat sasaran, sehingga prinsip keadilan pada sektor pendidikan dapat kita wujudkan bersama-sama," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper